Monday, June 4, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 4, 2012

BUY ON WEAKNESS

Di antara hari-hari perdagangan dimana Index turun tajam, kecuali tanggal 24 Pebruari, dimana intra day high low index tertinggi adalah 109 point, maka hari ini merupakan penurunan tertajam ke dua sepanjang 2012. Namun penurunan hari ini masih dihitung dengan gap down yang terjadi dari kemarin, sehingga jika di hitung antara closing kemarin dan low hari ini, maka Index hari ini sempat minus 164 point, walau pun akhirnya hari ini Index ditutup minus 145 point di level 3654.

Hari ini, begitu Pre opening, Index sudah langsung minus 69 point dan dalam 1 menit perdagangan sudah langsung minus 100 point. Dalam 5 menit perdagangan, minus 118 point. Akhirnya sesi 1 ditutup minus 121 point di level 3678.

Sesi 2 market tetap melemah, hingga Index turun terdalam minus 164 point, walau pun akhirnya menjelang penutupan Index membaik sedikit dan ditutup minus 145.

Market hari ini : open 3730 high 3730 low 3635 close 3654

Total volume dan value perdagangan hari ini masih tidak berbeda banyak dengan minggu lalu, sebanyak 3.2 miliar saham dengan value 3.9 T rupiah. Saham yang naik hanya ada 12 saham, yang tidak berubah 31 saham dan yang turun 280 saham.

Hari ini sektor Pertambangan terbakar habis, dengan penurunan 156 point, disusul oleh sektor Perkebunan, turun 113 point, Manufaktur, turun 28 point, Konsumer turun 26 point, Perdagangan turun 24 point, Aneka Industri turun 24 point, Industri Dasar turun 23 point, Infrastruktur turun 21 point, Keuangan turun 16 point dan Properti turun 13 point.

Dengan penurunan yang terjadi hari ini, membuat pergerakan Index besok menjadi lebih rawan, karena telah melewati 50% Fibonaci Retracement 3730, sehingga berpotensi mentest level psikologi di level 3600.

Untuk kondisi saat ini, pergerakan Index akan lebih terpengaruh oleh faktor external dari pada faktor internal. Karena itu, biasanya dalam kondisi market tertekan, Investor akan bereaksi secara berlebihan, sehingga membuat gelombang kepanikan yang berlebihan juga.
Seharusnya, inilah saatnya bagi Investor dengan horizon lebih panjang untuk masuk ke market dan hold hingga kondisi market mereda.
JIKA YANG LAIN BERANI, KITA HARUS MULAI TAKUT, JIKA YANG LAIN TAKUT, KITA HARUS BERANI.

Market 5 Juni 2012

ASII - TRADING BUY
Walau pun ditutup dengan harga yang lebih rendah dari penutupan hari sebelumnya, namun hari ini ASII dapat ditutup lebih tinggi dari harga low dan pembukaannya, membuat trading esok hari memiliki peluang untuk naik lagi. BESOK ASII akan diperdagangan dengan harga yang sudah di SPLIT  1 : 10.

BMRI - BUY ON WEAKNESS
BMRI hari ini dibuka dengan gap down, membuat BMRI masuk dalam tekanan jual yang berlebih. Karena itu, jika besok mengalami penurunan labih lanjut, merupakan kesempatan untuk Buy on weakness

BBRI - TRADING BUY
Penurunan BBRI juga disertai dengan gap down juga, namun BBRI masih bisa berusah untuk bergerak naik, walau pun tidak ditutup di level high, namun setidaknya Buyer sudah mulai masuk untuk melakukan pembelian.

BBNI - SPECULATIVE TRADING
Berbeda dengan yang lain, BBNI walau pun juga dibuka dengan gap down, namun kelihatannya Buyer bisa memegang kendali dan menarik harganya hingga ditutup di harga tertinggi hari ini.

MORE TRADING IDEAS ;

BUY ON WEAKNESS : ADRO - CPIN - PTBA - HRUM - MAIN

TRADING BUY : BORN - PGAS - BBCA - AKRA - INTA

SPECULATIVE TRADING : BKSL - BHIT - DILD

happy bargain hunting


caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment





No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE