Monday, November 5, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 5, 2012

INDEX : SEARCHING FOR NEW EQUILIBRIUM !

Setelah beberapa waktu lamanya bergerak side ways, hari ini market mengalami penurunan yang cukup berarti, ditutup minus 35 point. Suatu penutupan yang cukup dalam, mengingat selama 2 minggu terakhir market mengalami pasang surut, namun selalu ditutup mendekati teritori positif.

Dibuka dengan minus 11 point pada pre opening hari ini, Index lalu turun lagi, minus 17 point pada pembukaan regular market, kemudian terus meluncur turun hingga akhirnya sesi 1 ditutup dengan penurunan 39 point di level 4299.

Sesi 2 dibuka juga masih dengan minus yang tidak jauh berbeda, hanya saja Index tetap diperdagangkan dengan penurunan di atas angka 30 point. Index sempat menyentuh level terendah, 4285, minus 53 point dalam setengah jam menjelang penutupan sesi 2. Akhirnya, Index ditutup dengan minus 35 point di level 4302.

Market hari ini : open 4327 high 4330 low 4285 close 4302

Total volume perdagangan hari ini : 3.1 miliar saham
Total value perdagangan : 3.7 T rupiah
Jumalh saham yang naik : 67 saham
Jumlah saham yang turun : 176 saham
Jumlah saham yang tidak berubah harganya : 91 saham

Hari ini, semua sektor industri mengalami penurunan, dengan penurunan tertinggi dialami oleh sektor Pertambangan, turun 24 point, disusul oleh sektor Aneka INdustri, turun 21 point, lalu sektor Konsumer, turun 20 point, Manufaktur turun 13 point, Perdagangan turun 7 point, Perkebunan turun 5 point dan selebihnya, turun di bawah range 4 point.

Dengan penurunan yang terjadi hari ini, membuka peluang penurunan lanjutan pada perdagangan esok hari, market akan mencari keseimbangan baru, lalu mulai bergerak kembali sesuai dengan nilai equilibrium baru tersebut. Karena itu, adalah penting, untuk selalu ingat melakukan profit taking, sebelum market mengalami koreksi. Jangan sampai keuntungan yang sudah di tangan tertiup angin kembali, sehingga harus mulai dari nol !

Market 6 Nopember 2012

ASII - SELL ON STRENGTH
Untuk sementara, ASII masih mengalami tekanan jual, harga kelihatannya masih belum kuat untuk bergerak naik. Namun ASII mulai memasuki area over sold, karena itu, dalam 1 atau 2 hari ke depan, bisa saja akan mulai bergerak naik kembali.

BMRI - SELL INTO STRENGTH
2 hari berturut-turut BMRI berusaha untuk ditutup di harga tertinggi. Hari ini akhirnya harus ditutup dengan "doji". Kelihatannya BMRI sedang berusaha untuk ditarik lebih tinggi lagi harganya. Namun karena sudah berada di area over bought, jadi resiko BMRI sudah tinggi juga.

BBRI - TRADING BUY
Tekanan jual terhadap BBRI sudah sampai ke arah bottom over sold, karena itu harga akan mulai mengalami konsolidasi, bahkan akan mengalami rebound kembali.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Hari ini BBNI kembali mengalami tekanan jual, hingga ditutup di harga bawah. Tekanan jual yang terjadi membuat BBNI masuk ke area over sold, karena itu, sewaktu-waktu harga bisa berbalik kembali.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : GIAA - SIMP - PWON - MAPI - INTA - GGRM - HRUM 

SPECULATIVE TRADING : BHIT - LSIP - BBTN - INDF

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 



No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE