Tuesday, November 27, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 27, 2012

INDEX : NEW RECORD HIGH, YET CLOSE LOWER !

Seperti di prediksi kemarin, hari ini Index mengalami naik dan turun. Dibuka dengan minus 1 point dan 5 point di pre opening dan regular opening, Index sempat turun sedikit ke 8 point, lalu bergerak ke arah positif, bahkan sempat menyentuh level tertinggi, 4381, naik 6 point dalam setengah jam perdagangan. Namun akhirnya sesi 1 ditutup minus 12 point di level 4362.

Sesi 2 Index mulai mengalami tekanan jual, dari minus 17 di pembukaan sesi 2, bergerak turun hingga minus di atas 20 point. Akhirnya Index makin tertekan menjelang penutupan, bahkan 5 menit menjelang penutupan sempat turun terdalam, 42 point di level 4.333, sebelum akhirnya ditutup minus 37 point di level 4337.

Market hari ini : open 4374 high 4381 low 4333 close 4337

Total volume perdagangan hari ini : 5.8 miliar saham
Total value transaksi : 4.7 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 84 saham
Jumlah saham yang static : 146 saham
Jumlah saham yang turun : 146 saham

Hari ini hanya ada 2 sektor industri yang mengalami kenaikan, yaitu sektor Industri Dasar dan sektor Properti yang masing-masing naik 1.6 dan 1.2 point. Selebihnya, semua sektor industri mengalami penurunan, dimulai dari sektor Konsumer, turun 36 point, Perkebunan, turun 24 point, Pertambangan, turun 20 point, Aneka Industri turun 14 point, Manufaktur turun 13 point dan sisanya turun di bawah 7 point.

Penurunan yang terjadi hari ini memang sudah diantisipasi, yang mana, setelah mencapai rekor tertinggi, biasanya Index akan mengalami koreksi dulu, sebelum nantinya bergerak naik lagi.
Penurunan hari ini untuk sementara akan membuka peluang penurunan lebih lanjut pada perdagangan hari berikutnya.
Ini merupakan koreksi yang wajar dan sehat dalam satu market, sehingga harga-harga menjadi turun dan dapat dilakukan pembelian kembali.

Market 28 Nopember 2012

ASII - SELL ON STRENGTH
Akhirnya pergerakan naik ASII terhenti pada harga 7.950. Setelah 2 hari mencapai harga tersebut, akhirnya hari ini ASII tidak kuat dan akhirnya ditutup di harga bawah. Dengan penutupan ini, membawa pergerakan ASII akan berbalik arah dan akan mengalami koreksi dulu untuk sementara.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Akhirnya perjalanan BMRI juga terhenti hari ini, setelah mencapai harga tertinggi di 8.900. Seperti ditulis kemarin, Sell BMRI mengikuti kenaikannya. Hari ini, BMRI akhirnya ditutup di harga bawah dan mulai mengalami reversal untuk bergerak ke bawah kembali.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Kenaikan BBRI ternyata tidak kuat, padahal BBRI baru saja keluar dari tekanan jual. Hari ini BBRI bahkan mengalami koreksi harga yang cukup dalam. Karena itu, untuk sementara harga akan mengalami tekanan jual.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Walau pun BBNI gagal untuk meneruskan kenaikannya setelah kenaikan tajam 2 hari lalu, namun karena stochastic masih berada di trading area, maka kemungkinan naik masih tetap terbuka.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : BRMS - SSIA - ADRO - AKRA - SIMP - SMGR - INTP 

SPECULATIVE TRADING : BIPI - BBTN - TLKM

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE