Thursday, July 3, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 3, 2008

MARKET RONTOKKKKKKK !!!!!!!!!!

Tidak disangka-sangka, begitu market dibuka, langsung rontok, minus 34, terus turun sampai terdalam minus 102, akhirnya ditutup minus 91 di level 2286.
Market jebol, lantaran harga batu bara turun, menyebabkan saham BUMI langsung dibuang oleh para investor, diikuti oleh PTBA dan ITMG. Sebagai Market Mover, penurunan BUMI langsung menyeret turun saham-saham lainnya. AALI, UNTR, TINS, PGAS, INCO, LSIP, TLKM, ISAT yang semuanya merupakan saham-saham berkapitalisasi besar dan memiliki bobot indeks yang besar pula. Sampai penutupan market, penurunan tertinggi dialami oleh ITMG yang turun Rp. 2.800 sampai kepada ASII yang turun Rp. 200.

Makanya, kalau diperhatikan, jumlah saham yang ditransaksikan hari ini "hanya" 2.3 miliar lembar saham, sedangkan nilai transaksinya mencapai Rp. 7.3 T, indeks minus 91.
Artinya saham yang aktif diperdagangkan adalah saham-saham berkapitalisasi besar dan turun tajam, sehingga indeks bisa minus begitu dalam.

Di tengah-tengah turunnya indeks yang demikian dalam, masih juga ada saham-saham yang naik pada hari ini, jumlahnya 23 saham. Antara lain TKIM, INKP dan BBCA.

Secara teknikal, penurunan indeks hari ini sudah menutup beberapa gap yang terjadi beberapa bulan terakhir ini. bahkan menutup gap yang terjadi pada tanggal 30 April di level 2304. Tinggal satu gap lagi yang akan berusaha untuk ditembus, yaitu gap tanggal 28 April 2008 di level 2257. Jika terjadi penutupan gap di level 2257, artinya indeks akan turun 29 point lagi ??????? Semoga tidak terjadi......................
(Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gap yang terjadi, baca blog tanggal 30 April 2008 sampai dengan tanggal 7 Mei 2008).

Sehubungan dengan penurunan indeks hari ini, sebenarnya sudah diwanti-wanti dalam tulisan beberapa hari yang lalu, sejak tanggal 30 Juni yang lalu sudah diminta untuk profit taking. Sell untuk saham-saham yang sudah naik terlalu tinggi.

Market besok kelihatannya masih tetap fluktuatif, bisa saja pagi dibuka masih minus, tetapi kemungkinan rebound selalu ada, karena penurunan hari ini terlalu tajam. Untuk sementara, indeks kalau turun terlalu tajam, kemungkinan akan tertahan di sekitar 2235.

Market 4 Juli 2008

AALI SELL
ASII BOW
ANTM BOW - LOWEST PRICE 3050
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI SELL INTO STRENGTH
BDMN BOW
BMRI BOW
BUMI BOW - LOWEST PRICE 7100 - SUPPORT 6800
INCO BOW
PGAS BOW
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS SELL
TLKM BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : INKP/TKIM

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE