Thursday, July 17, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 17, 2008

JANGAN PANIK, BADAI AKAN BERLALU !!!

Entah dari mana asalnya, market yang sedang hot naik, tiba-tiba berbalik arah menjadi minus, bahkan minus sampai sedemikian dalam, anomali dengan bursa regional yang mayoritas rebound pada hari ini.

Dibuka langsung dengan plus 24 point, terus melaju sampai plus 33 point di level 2251, mendadak market mulai berbalik arah dan saham-saham yang tadinya bergerak naik, satu persatu di bawa turun lagi, tidak terkecuali saham ADRO yang baru listing kemarin, ditutup turun juga hari ini.

Penurunan indeks hari ini terbanyak disumbang oleh sektor pertambangan dan perkebunan yang turun dengan range yang besar. Penurunan saham di kedua sektor ini lebih banyak disebabkan oleh ketakutan pelaku pasar bahwa melemahnya harga crude oil akan menyeret harga-harga komoditi kedua sektor tersebut. Makanya harga saham AALI, TINS, PTBA, LSIP, BUMI, ITMG, melorot demikian tajam pada hari ini.

Secara teknikal, market hari ini ditutup di level support di angka 2167. Kelihatannya level support 2167 ini cukup kuat untuk menahan indeks dari penurunan lebih dalam lagi. Apalagi market saat ini juga sudah dalam kondisi oversold.
Tetapi jika level 2167 ini tembus, kemungkinan akan mencoba level support di sekitar 2140.
Market besok 18 Juli 2008, jika regional turun, kemungkinan market BEI akan ikut turun dulu, tetapi jika market tetap naik, ada kemungkinan market untuk rebound kembali.

Jika investor memiliki view yang lebih panjang horizon nya, maka saat sekarang adalah saat yang tepat untuk mengadakan pembelian. Sebab secara fundamental, tidak ada yang berubah dari emiten-emiten yang ada. Bahkan hari ini, di tengah-tengah penurunan indeks yang begitu tajam, masih ada banyak saham yang malah naik, di antaranya : ASII, TKIM, INKP, BBRI, PGAS, BDMN dan BMRI.
Artinya, sentimen negatif yang terjadi lebih banyak disebabkan oleh issue di sekitar harga-harga komoditi yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.
Jadi apa yang seharusnya kita lakukan ? let's bargain hunting for good fundamental stocks that are down too far from their fair value.

Market 18 Juli 2008

AALI BOW
ASII BUY
ANTM BOW
BBCA BOW
BBRI BOW
BDMN BOW
BMRI BOW
BNBR BOW
BUMI BOW
INDF BOW
INCO BOW
ISAT SELL INTO STRENGTH
PGAS BOW
PTBA BOW
TLKM BOW
TINS BOW
UNSP BOW

WATCH FOR : INKP/TKIM/JPRS/HEXA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE