Tuesday, July 15, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 15, 2008

MARKET TERIMBAS SENTIMEN GLOBAL !!!!!!

Di tengah-tengah ketiadaan insentif yang dapat mendongkrak kinerja indeks bursa saham Indonesia, hari ini market terimbas oleh penurunan indeks regional, terutama indeks Hang Seng yang turun 800 point lebih, bahkan at the lowest, indeks Hang Seng turun sekitar 900 point.

Penurunan indeks BEI hari ini yang demikian dalam, tetapi sebenarnya dengan volume yang tidak besar, menandakan bahwa market akan mudah sekali untuk rebound kembali. Dari sesi pertama pun, market sudah terlihat sepi, tanpa gairah. Yang bergerak hanya saham-saham yang sedang ada "corporate action", saham-saham yang sedang memiliki agenda-agenda tertentu.

Satu hal yang menjadi pertimbangan juga, mengapa market hari ini turun tajam, investor melakukan penjualan adalah, bahwa besok, 16 Juli 2008 adalah hari pertama PT. Adaro listing di BEI. Jadi bisa saja para investor menjual sahamnya pada hari ini untuk persiapan membeli Adaro besok.

Untuk market besok 16 Juli 2008, bisa saja market rebound kembali, bisa saja karena hari ini turun terlalu banyak, bisa juga karena turun dengan volume tipis, atau karena membonceng listingnya Adaro. Penurunan saham-saham kapitalisasi besar hari ini juga membuat gap down dan dengan volume tipis yang biasanya akan ditutup kembali di kemudian hari.

Secara teknikal, penurunan indeks satu minggu terakhir ini, walau pun juga disertai dengan rebound beberapa kali, sudah menutup semua gap yang terjadi beberapa bulan terakhir. Support market terdekat yang terlihat sementara ini adalah level 2194.

Market 16 Juli 2008

AALI BOW
ASII SELL INTO STRENGTH
ANTM SELL INTO STRENGTH
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI BOW
BDMN BOW
BMRI BUY - TURUN TAJAM DGN VOLUME TIPIS
BNBR BUY
BUMI BUY
INDF BUY
INCO BOW
ISAT BUY
PGAS BOW
PTBA BUY
TLKM BOW
TINS BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : SGRO/KLBF/PNLF

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE