Wednesday, July 2, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 2, 2008

MEMANG MARKET BELUM TERLALU KUAT !!!

Seperti yang dianjurkan kemarin untuk merealisasikan keuntungan bagi saham-saham yang sudah naik terlalu cepat, ternyata hari ini memang menjadi anti klimaks bagi beberapa saham yang memang sudah cukup tinggi kenaikannya. Beberapa di antaranya adalah PTBA, TINS, BUMI dan UNTR.

Market sendiri memang belumlah terlalu kuat, pada kenyataannya, dibuka plus, terus sampai plus 15, akhirnya karena profit taking, malah ditutup minus 0.3 point di level 2378. Angka penutupan indeks hari ini sama dengan angka penutupan indeks tanggal 1 Juli 2008, kebetulan.
Pembukaan indeks hari ini juga sama dengan angka penutupannya, diangka yang sama, artinya yang melakukan pembelian sama kuatnya dengan yang mengadakan penjualan, sehingga market tidak bergerak kemana-mana, dibuka dan ditutup dilevel yang sama.

Memang kondisi market sekarang ini masih belum menemukan bentuk atau trend yang pasti, sehingga satu hari naik, dua hari turun, atau dua hari naik satu hari turun. Kondisi market yang seperti ini memang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik internal mau pun eksternal.
Di dalam negeri, kenaikan BBM bulan lalu, yang menarik inflasi ke angka 2,4 % untuk bulan Juni 2008, peraturan Tender Offer dari Bapepam yang menimbulkan kepanikan di pasar, liburan sekolah dan tontonan bola piala Eropa, semuanya menyebabkan gairah untuk bertransaksi menjadi berkurang, yang ditandai dengan tipisnya volume transaksi beberapa waktu terakhir ini.

Secara eksternal, pengaruh global market, stagflasi yang terjadi di Amerika, harga minyak yang tidak terkendali, pasar financial yang masih belum pulih benar, summer holiday para fund managers juga ikut mempengaruhi sepinya market Indonesia.

Karena itu, sekarang ini, yang banyak digerakkan adalah saham-saham individu yang memiliki corporate action dalam waktu dekat ini. Tetapi kenaikan saham-saham jenis ini hanya mengandalkan cerita-cerita sana-sini, naik, naik, naik, tiba-tiba busssssss, turun dan tidak kembali lagi ke harga pembelian yang di atas. Akhirnya investor hanya bisa gigit jari atau bahkan cut loss. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak.

Market besok kelihatannya masih sedikit fluktuatif, masih mencari-cari trendnya sendiri. Market akan bergerak naik, jika saham-saham index movernya naik, atau turun jika saham-saham dengan bobot indeks yang besar turun.

Market 3 Juli 2008

AALI BOW
ASII BUY
ANTM BOW
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI SELL INTO STRENGTH
BDMN BUY
BMRI BUY
BUMI SIDE WAYS
INCO BOW
PGAS BOW
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS SELL INTO STRENGTH
TLKM BUY
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : SMGR/KLBF

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE