Thursday, July 10, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 10, 2008

THE MARKET IS STILL STRONG ENOUGH !!!

Tidak disangka, market pagi-pagi sudah dibuka minus 15 point, terus meluncur ke bawah ke level 2241, minus 45 point. Tetapi sebenarnya market sendiri masih tetap kuat, kenapa ? Karena penutupan market hari ini bisa ditarik kembali ke level yang lebih tinggi dari pembukaan hari ini, bahkan dari the lowest point yang terjadi sekali pun !

Secara teknikal, market hari ini memiliki makna yang penting, karena : pertama market sudah menutup gap nya di level 2257, kedua, hari ini market turun tajam dengan volume yang cukup besar, tetapi akhirnya menjelang penutupan berhasil ditarik kembali ke atas, sehingga ditutup hanya minus 9 point. Angka penutupan market hari ini di level 2276, sekaligus menjadi level the highest point untuk hari ini.
Dalam istilah Japanese Candle Stick, posisi penutupan indeks hari ini juga dapat disebut Hammer, artinya besok market akan mulai bergerak naik setelah adanya hammer ini.

Hari ini saham-saham yang turun terbanyak masih didominasi oleh saham-saham tambang batu bara, sebagian sektor perkebunan dan sebagian bank. Namun sebagian sektor pertambangan dan perkebunan yang lain juga masih naik, tergantung harga komoditas masing-masing saham, termasuk juga beberapa saham perbankan juga masih bergerak naik.

Melihat volatilitas perdagangan yang terjadi hari ini, sebenarnya hari ini merupakan hari untuk melakukan pembelian, terutama saham-saham yang sudah turun terlalu dalam tetapi berhasil rebound kembali. Itu menandakan bahwa saham tersebut mendapatkan kekuatan pasar pembeli yang masuk kembali ke dalam pasar dan mengalahkan tekanan dari penjualnya.

Namun jika hari ini belum sempat melakukan pembelian, besok masih belum terlambat untuk masuk, karena up trend mulai terlihat dari penutupan hari ini. Jadi jika besok market naik, merupakan konfirmasi atas penutupan market hari ini.

Market 11 Juli 2008

AALI BUY
ASII BUY
ANTM Buy
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI BUY
BDMN BUY
BMRI BUY
BNBR BOW
BUMI BUY - SUPPORT LEVEL 6600
INDF BOW
INCO BUY
ISAT BUY
PGAS BUY
PTBA BOW
TLKM BUY
TINS BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : CTRA/CTRP/INTP/SMGR/MIRA/MEDC

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE