Tuesday, May 15, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 15, 2012

4000 LEVEL, TESTED, STRONG ENOUGH ?

Hari ini Index kembali mencoba level support baru, sekitar 4000 level dan kemudian membal kembali, walau pun sempat beralih ke arah positif, namun kemudian turun lagi karena aksi profit taking. Dibuka dengan minus 24, terus bergerak turun hingga tertahan di atas level 4100, namun setengah jam kemudian, Index mulai bergerak mendekati level 4000, bertahan hampir satu jam lamanya di atas level 4000, lalu sempat turun mencapai level 3997 sebentar, berbalik lagi, hingga sesi 1 ditutup minus 39 di level 4013.

Sesi 2, market mulai rebound, secara cepat, naik kembali, tidak lebih dari setengah jam perdagangan sesi 2, Index mulai berubah positif dan naik terus hingga plus 15 point, kemudian berangsur-angsur mulai turun kembali dan akhirnya sesi 2 ditutup minus 7 point di level 4045.

Market hari ini : open 4028 high 4068 low 3997 close 4045

Volume dan value trading hari ini lebih meningkat dibandingkan dengan kemarin, dengan volume sebesar 3.7 miliar saham dan value trading sebesar 4.4 T rupiah. Saham yang naik ada sebanyak 106 saham, 82 saham stagnan dan 133 saham turun harganya.

Penyumbang penurunan terbanyak hari ini masih disumbangkan oleh 2 sektor industri, yaitu sektor Perkebunan dan sektor Pertambangan yang masing-masing turun 39 dan 35 point. Selebihnya, Aneka Industri turun 14 point, Manufaktur turun 7 point, Konsumer turun 5 point, Industri Dasar turun 3 point dan lainnya turun di bawah 2 point. Sektor yang naik hari ini, Infrastruktur, naik 9 point, Properti dan Keuangan naik 4 dan 1 point.

Dengan penutupan Index hari ini, bisa dikatakan bahwa untuk sementara, support level di 4000 masih cukup kuat untuk bertahan dari gempuran penjualan. Seperti juga level support sebelumnya di 4110 - 4100, yang tadinya cukup kuat, namun kemudian jebol, akankah level 4000 akan bernasib sama ? Pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab.

Namun, melihat saham-saham big caps yang tadinya berada dalam tekanan jual dan hari ini mulai bangkit dan mengadakan perlawanan, maka seharusnya level 4000 untuk sementara akan tetap bertahan, bahkan sebaliknya, penutupan market hari ini malah membuka peluang bagi Index besok untuk bergerak naik lagi.
Jadi seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya, adalah lebih baik fokus pada pergerakan saham-saham secara individu, dari pada lebih mempedulikan naik-turunnya index.

Market 16 Mei 2012

ASII - TRADING BUY
Hari ini merupakan kali ketiga ASII dibuka dengan gap down, pola yang biasanya akan diikuti dengan reversal pada perdagangan hari berikutnya. Apalagi hari ini volume yang menyertai ASII 2 kali lipat dari volume hari sebelumnya.

BMRI - FLAT TO HIGHER
BMRI hari ini masih berada dalam range trading 7100 - 7300. Jadi masih belum trelihat trend yang ada. Namun, karena sudah berada dalam kondisi over sold, maka kemungkinan naik akan lebih besar dari pada penurunannya.

BBRI - TRADING BUY
Setelah kemarin sempat terpuruk, BBRI hari ini berhasil fight back kembali dan ditutup dengan positif. Hal ini akan membuka peluang untuk kenaikanannya pada perdagangan besok.    

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Kondisi BBNI juga sudah berada dalam tekanan jual yang dalam, stochastic menunjukkan BBNI dalam kondisi over sold, sehingga sewaktu-waktu juga dapat berbalik arah dan naik kembali.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : ADRO

TRADING BUY : ASRI - SSIA - MDLN - BSDE - AKRA - BORN - SMGR - HRUM - SIMP - BJBR - TINS - ITMG

SPECULATIVE TRADING : PGAS - KIJA - DILD -  AISA - APLN - PTPP - LSIP - CTRA

happy trading

 caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment


No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE