Monday, May 14, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 14, 2012

MARKET FREE FALL ?

Index hari ini seperti tidak memiliki pertahanan sama sekali, semua support yang ada tertembus sudah. Sekarang tinggal level support psikologis di 4000 akan merupakan pertahanan Index, akankah akan bergerak menuju di bawah 4000, atau akankah rebound ?

Index sebenarnya masih dibuka dengan kenaikan, walau pun 0.4 point, namun kemudian bergerak turun, masih dalam range di sekitar support 4100, sampai dengan 1 jam perdagangan. Kemudian index mulai bergerak turun, di bawah level 4100 dan terus turun hingga sesi 1 ditutup minus 19 di level 4094.

Sesi 2 dimulai, Index masih bertahan minus sekitar 20 lebih, namun mulai jam 15.00, Index mulai mengalami tekanan jual, hingga minus 70 point di level 4043. Akhirnya sesi 2 Index ditutup minus 61 point di level 4053.

Market hari ini : open 4114 high 4120 low 4043 close 4114

Baik volume mau pun value trading hari ini lebih kecil, dengan volume trading sebanyak 2.5 miliar saham dan value trading sebesar 2.8 T rupiah. Saham yang turun hari ini ada sebanyak 255 saham, yang tidak berubah ada 48 saham dan yang masih bergerak naik ada 33 saham.

Seluruh sektor industri mengalami penurunan pada hari ini, dimulai dengan yang terbesar, sektor Pertambangan dan sektor Perkebunan yang masing-masing turun 50 point, diikuti oleh sektor Infrastruktur, turun 12 point, Perdagangan, turun 10 point, Aneka Industri dan Keuangan, masing-masing turun 9 point, Manufaktur turun 8 point, Properti dan Industri Dasar, masing-masing turun 7 point dan sektor Konsumer, turun 2 point.

Melihat hasil perdagangan hari ini, dimana Index turun dengan dalam, namun tidak disertai dengan volume yang memadai, artinya belum mencerminkan market yang sesungguhnya. Karena itu, untuk perdagangan besok, bisa saja Index masih akan mencoba level support 4000, namun bisa juga bahwa Index malah akan rebound pada perdagangn besok.
Bisa saja Index akan tertahan di sekitar level 4030 - 4040, kemudian rebound kembali.
Kenapa ? Karena Index sudah dalam kondisi Deep Over Sold. Akan ada kondisi, dimana Buyer akan menganggap inilah saat yang tepat untuk masuk kembali ke market, sehingga market akan naik kembali.
Jadi besok akan merupakan hari yang cukup krusial, karena itu, penting untuk mengikuti secara dekat, jika penurunan Index mulai tertahan di level tertentu cukup alot dan mulai ada perlawanan, sebaiknya ikut masuk juga, karena tandanya mulai ada kekuatan pembeli yang masuk ke market kembali.

Market 15 Mei 2012

ASII - TRADING BUY
Kondisi ASII yang sudah over sold terlalu dalam, akan mengundang masuknya pembeli kembali, apalagi hari ini turun dengan volume yang tipis.

BMRI - SIDE WAYS
Untuk sementara BMRI masih dalam kondisi Side Ways, dengan range harga trading 7100 - 7300.

BBRI - BUY ON WEAKNESS
Penurunan BBRI hari ini, menembus support minor 6350 dan penurunan hari ini merupakan harga terendah, sejak Oktober 2011. Seharusnya level low 6100 merupakan level yang cukup rendah untuk harga bergerak naik kembali.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Penurunan BBNI juga sudah bergerak ke arah over sold, sehingga untuk sementara boleh menampung di harga rendahnya. Untuk sementara, level 3850 masih merupakan support yang cukup kuat.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : CTRA - ADRO - ITMG

TRADING BUY : BJBR - BBTN - SMGR

SPECULATIVE TRADING :  SSIA - BSDE - META - AISA

happy bargain hunting


caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE