Wednesday, October 17, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 17, 2012

ANOTHER HIGH RECORD : 4337/4354, WHAT NEXT ?

Hari ini Index hampir saja mengalami anti klimaks, walau pun memang boleh dikatakan begitu. Dibuka dengan kenaikan 10 point di level 4339, di pre opening, ini sudah merupakan rekor tertinggi baru. Lalu naik lagi 14 point di pembukaan regular market, hingga naik tertinggi 25 point di level 4354, level tertinggi hari ini dan sepanjang masa ! Namun satu jam menjelang penutupan sesi 1, Index mulai menyusut, kenaikan yang terjadi mulai melorot, hingga akhirnya sesi 1 harus ditutup dengan kenaikan yang hanya 6 point di lelvel 4335.

Sesi 2 Index bahkan mengalami penurunan, sesudah dibuka masih dengan kenaikan 9 point, lalu masih bisa bergerak naik sedikit, 13 point lebih, kemudian mulai mengalami penurunan, hingga minus terdalam, 10 point, tetapi akhirnya Index sesi 2 masih bisa ditutup dengan kenaikan 8 point di level 4337.

Market hari ini : open 4339 high 4354 low 4318 close 4337

Total volume trading hari ini : 4.7 miliar saham
Total value trading : 5.1 T rupiah
Total saham yang naik harganya : 110 saham
Total saham yang statis : 108 saham
Total saham yang turun harganya : 113 saham

Sektor-sektor industri yang naik dan turun hari ini juga cukup berimbang, dengan sektor industri yang naik, terdiri dari sektor Industri Dasar dan sektor Infrastruktur, masing-masing naik 6 point, sektor Keuangan naik 3 point dan Properti naik 1 point. SEdangkan sektor industri yang turun, sektor Aneka Industri, turun 16 point, sektor Perkebunan dan Pertambangan masing-masing turun 7 point, Konsumer, Manufaktur dan Perdagangan, turun di bawah range 4 point.

Dengan penutupan Index hari ini, bisa saja mengindikasikan pasar yang mulai jenuh, tebuksti dengan Index yang ditutup ke bawah, artinya Pembeli tidak sanggup untuk mempertahankan kenaikan yang sudah dimulai dari trading awal, sehingga hanya bisa ditarik setengah jalan.
Untuk saham-saham yang sudah naik, akhirnya terjadi aksi profit taking, sehingga ditutup ke bawah juga.
Karena itu, untuk perdagangan besok, jika tidak ada kejadian yang luar biasa dari regional market, seharusnya Index akan mulai terkoreksi.
Jika regional market naik kencang, ada kemungkinan Index Indonesia juga akan ikut bergerak naik, namun sebaiknya gunakan momentum kenaikan tersebut untuk lakukan penjualan atau profit taking.

Market 18 Oktober 2012

ASII - SELL ON STRENGTH
Hari ini ASII mulai mengalami penurunan, setelah kemarin naik cukup tinggi. Untuk sementara ini ASII mulai memasuki konsolidasi dalam rentang waktu sempit.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Setelah dibuka dengan kenaikan hingga harga tertinggi harian, namun BMRI tidak bisa mempertahankan kekuatan naiknya, sehingga harus ditutup di harga tengah. Jika tidak ada sisa-sisa kekuatan beli, BMRI bisa-bisa ditutup di bawah. Karena itu, untuk besok, kekuatan naik nya akan lebih terbatas lagi.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
BBRI masih kuat pada perdagangan hari ini dan untuk perdagangan besok masih menyimpan kekuatan untuk naik. Namun karena sudah berada di area over bought, maka ada baiknya untuk melakukan aksi profit taking, jika harga bergerak naik.

BBNI - TRADING SELL
3 hari berturut-turut BBNI tertahan di harga 3.900, bahkan hari ini dengan volume yang lebih besar. Jika besok masih bergerak di bawah harga 3.900, sebaiknya Sell dulu.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : IMAS - WIKA

TRADING BUY : ADRO - JSMR

SPECULATIVE TRADING :  PGAS - INTA - ISAT - PTBA

happy profit taking



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE