Thursday, July 5, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULY 5, 2012

AFTER THE PEAK, WHAT NEXT ?

Rupanya yang mencapai klimaks adalah kemarin, bukan hari ini. Karena high hari ini tidak lebih tinggi dari high kemarin di 4090, yang merupakan level high bulan Maret 2012 yang lalu. Hari ini sebenarnya Index masih dibuka dengan naik 10 point waktu pre opening, lalu sisa naik 4 point pada pembukaan sesi 1 dan itu hanya bisa bertahan kurang dari 15 menit trading, karena sesudah itu, Index bergerak ke arah negatif dan tetap berada di area negatif sepanjang hari trading hari ini.

Sesi 1 Index bergerak dalam range yang relatif moderat, minus tertinggi 15 point, tetapi lebih banyak bermain dalam range penurunan di bawah 10 point. Sesi 1 ditutup minus 8 point di level 4067.

Sesi 2 Index juga tidak begitu bergejolak, dengan penurunan masih dalam range 4 - 15 point, walau pun sempat turun terdalam minus 17 point, namun itu pun tidak berlangsung lama. Akhirnya sesi 2 Index ditutup minus 6 point di level 4069.

Market hari ini : open 4086 high 4086 low 4058 close 4069

Volume trading hari ini agak sedikit menyusut, dengan total volume 3 miliar saham yang diperdagangkan, dengan value sebesar 3.5 T rupiah. Saham yang naik ada 108 saham, yang tidak berubah ada 88 saham dan yang turun ada sebanyak 119 saham.

Sektor Konsumer merupakan sektor penyumbang terbesar kenaikan Index hari ini, naik 8 point, disusul oleh sektor Manufaktur, naik 1.6 point, sektor Perdagangan dan Properti masing-masing naik 0.8 dan 0.3 point dan sektor Aneka Industri, naik 0.1 point. Sedangkan sektor yang mengalami penurunan, sektor Pertambangan turun terbesar, 24 point, disusul oleh sektor Infrastruktur, minus 3 point dan sisanya, minus kurang dari 2 point.

Dengan penutupan Index yang negatif pada hari ini, sekarang akan mendorong saham-saham untuk bergerak turun pada perdagangan besok. Jadi jika besok regional market naik, ada kemungkinan bursa Indonesia juga ikut naik dulu, tetapi gunakan kenaikan ini untuk melakukan aksi profit taking dulu, sebab Index sudah terlihat kurang kuat dan akan segera mengalami penurunan.

Market 6 Juli 2012

ASII - SELL ON STRENGTH
Hari ini pergerakan ASII masih tertahan di harga 7100, sedangkan stochastic sudah memasuki area over bought, membuat pergerakan besok akan mengalami tekanan jual. Karena itu, untuk sementara Sell on strength atau malah Trading Sell, jika market tidak mendukung.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Akhirnya BMRI tidak kuat lagi bergerak naik, sehingga ditutup di harga bawah. Namun penurunan yang cukup tajam hari ini, bisa saja akan berusaha untuk ditarik lagi besok, namun sebaiknya kesempatan itu, jika ada dipakai untuk Sell.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Hari ini BBRI masih bisa bertahan, bahkan ditutup di harga tertinggi 6650. Namun untuk melanjutkan kenaikannya, kemungkinan besar akan terhadang aksi profit taking, karena BBRI sudah berada dalam area over bought.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Selama 3 hari berturut-turut, BBNI tertahan di harga 3900. Karena itu, untuk perdagangan besok, kelihatannya masih akan mencoba harga tersebut, namun seperti juga BBRI, BBNI sudah berada dalamarea over bought, jadi kemungkinan profit taking akan lebih besar.

MORE TRADING IDEAS

SPECULATIVE TRADING : BBKP - GIAA   

ps : mayoritas saham dalam kondisi peak, jadi akan lebih besar resiko untuk trading, kecuali untuk hit and run.

happy profit taking


caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment


No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE