Monday, July 30, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULY 30, 2012

ANOTHER ANTI CLIMAX ?

Walau pun hari ini market berada dalam teritori positif di sepanjang perdagangan, namun Index sendiri terkesan tidak terlalu kuat, atau pun ada keraguan untuk bergerak naik lebih tinggi lagi.
Dibuka dengan plus 18 point di pre opening, lalu naik lagi 29 point di pembukaan regular, bahkan Index sempat naik tertinggi 35 point dalam 10 menit pertama perdagangan, sesudah itu mulai melorot, bahkan sempat naik tinggal 2 point lebih. Sesi 1 akhirnya ditutup naik 14 point di level 4098.

Sesi 2 dibuka masih dengan kenaikan dalam kisaran 10 - 20 point, walau pun sempat juga melorot lagi hingga tersisa naik 5 point, hingga akhirnya sesi 2 ditutup dengan kenaikan 14.9 point di level 4099.

Market hari ini : open 4102 high 4119 low 4085 close 4099

Volume trading hari ini juga hanya 2.5 miliar saham, dengan value trading sebesar 4.3 T rupiah. Saham yang naik ada 116 saham, 85 saham tidak bergerak dan 112 saham turun harganya.

Hari ini sektor Industri yang turun ada 2, yaitu Perkebunan dan Infrastruktur, masing-masing turun 13 point dan 9 point. Yang naik, Industri Dasar, naik 11 point, Manufaktur naik 9 point, Perdagangan naik 5 point dan sisanya naik dalam range di bawah 5 point. Termasuk juga sektor Pertambangan yang hanya naik 1.3 point hari ini.

Dengan penutupan Index hari ini, menyiratkan adanya keraguan Index untuk bergerak lebih tinggi lagi, ditandai dengan tidak berhasilnya Buyers mempertahankan kenaikan Index, sehingga dari titik tertinggi, naik 35 point, akhirnya Index ditutup hanya naik 14 point. Artinya, sementara Index bergerak naik, Sellers berhasil melakukan penjualan dan menekan kenaikan Index untuk bergerak turun kembali.
Karena itu, untuk perdagangan besok, level 4119 akan menjadi resisten pertama untuk pergerakan selanjutnya. Jika tidak bisa melalui level tersebut, artinya Index akan berbalik arah dulu, untuk mencari keseimbangan baru.

Satu hal perlu diingat juga bahwa besok, 31 Juli merupakan end of month, sehingga bisa saja akan terjadi ned month window dressing bagi saham-saham tertentu.

Market 31 Juli 2012

ASII - SELL INTO STRENGTH
Walau pun ASII masih bergerak naik hari ini, namun akhirnya ditutup dengan doji, suatu kondisi undecision dan juga tidak di harga tinggi. Karena itu, walau pun masih memiliki peluang untuk bergerak naik besok, sebaiknya Sell mengikuti kenaikannya.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Jika ASII masih memiliki peluang untuk naik, maka BMRI sudah mengalami peaknya hari ini di harga 7950. Karena itu, jika besok harga tidak bisa bergerak di atas harga tersebut, sebaiknya Sell.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Mirip seperti BMRI, bahkan BBRI juga ditutup dalam kondisi doji, di tengah-tengah. Dengan kondisi yang sudah mulai over bought, membuat kenaikan BBRI akan tertahan, jika tidak bisa menembus harga di atas 6850.

BBNI - SPECULATIVE TRADING
BBNI memiliki harga penutupan terbaik hari ini, dibandingkan dengan kedua saham sebelumnya. Dengan demikian, peluang kenaikannya masih terbuka, apalagi jika besok bisa diperdagangkan di atas harga 3925.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : BSDE - ASRI - BKSL - IMAS - MAIN - LSIP

TRADING BUY : BWPT - AKRA - JSMR - HRUM

SPECULATIVE TRADING : ADRO - MNCN - BISI

happy trading


caleb limuel




No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE