Wednesday, April 4, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 4, 2012

A HEALTHY CORRECTION, GOOD FOR INDEX !

Akhirnya market mengalami koreksi juga, setelah naik 6 hari berturut-turut ! Seperti yang diprediksi kemarin, namun yang tidak terkirakan adalah kedalaman penurunan index hari ini. Dibuka sesi 1 dengan penurunan sebesar 7 point, lalu berlanjut, turun sekitar 30 - 45 point dalam setengah jam perdagangan, kemudian mulai sedikit pulih dengan penurunan sekitar 30 point, tetapi 15 menit menjelang penutupan sesi 1, index mulai melorot lagi dan akhirnya ditutup minus 52 point di level 4163.

Sesi 2 index mulai bermain di angka 60 - 70 point penurunan, namun lima belas menit menjelang penutupan sesi 2, market sempat turun terdalam, minus 93 point, walau pun akhirnya ditutup minus 81 point di level 4134.

Market hari ini : open 4215 high 4215 low 4122 close 4134

Berbeda dengan kondisi kemarin, hari ini volume perdagangan turun hampir setengahnya, dengan volume trading 3.6 miliar saham dan value trading sebesar 4.9 T rupiah. Saham yang naik ada 78 saham, yang tetap masih ada 83 saham dan sebanyak 183 saham turun harganya.

Berbalik juga dari kemarin, hari ini seluruh sektor industri mengalami penurunan, dari penurunan yang paling dalam, sektor Perkebunan yang turun 53 point, Pertambangan, turun 47 point, Aneka Industri, turun 40 point, Konsumer, turun 39 point, Manufaktur turun 27 point, Keuangan turun 10 point dan sektor lainnya, Perdagangan, Industri Dasar, Infrastruktur, dan Properti, masing-masing turun dalam range 9 - 5 point.

Dengan penurunan hari ini, akan membuka peluang index untuk bergerak lebih turun lagi, sampai menemukan equilibrium baru. Sebagaimana ditulis kemarin, sesudah mengalami rekor high, biasanya market akan konsolidasi dulu, barulah trend berikutnya akan terlihat kembali sesudah terjadinya new equilibrium.

Walau pun market masih berpotensi untuk turun pada perdagangan besok, namun karena penurunan hari ini yang cukup tajam, bisa saja terjadi minor rebound untuk besok hari. Namun, penurunan yang terjadi besok, jika iya, merupakan momentum untuk mengumpulkan saham murah kembali. Itulah esensi trading : Buy Low Sell High !

Market 5 April 2012

ASII – TRADING SELL
Akhirnya ASII mengalami koreksi juga, namun koreksi yang cukup dalam. Hal ini membuka peluang penurunan lebih lanjut, karena itu, untuk sementara jual atau pun jual jika naik.

BMRI – TRADING SELL
Walau pun BMRI hari ini turun, namun volumenya tidak terlalu besar, jadi untuk sementara Sell untuk BMRI, tetapi harus siap-siap juga untuk Buy on Weakness.

BBRI – TRADING SELL
Akhirnya BBRI juga mengalami koreksi, setelah tidak kuat untuk bertahan kemarin. Karena itu, jika besok masih ada sisa-sisa kekuatan yang berusaha menarik BBRI, sebaiknya Sell dulu.

BBNI – TRADING SELL
Demikian juga dengan BBNI, hari ini tidak berhasil untuk bertahan di atas, sehingga ditutup diharga bawah. Besok pun masih menyimpan peluang untuk bergerak turun dulu.


MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : PGAS

Happy profit taking

Hampir semua saham terlihat masih akan terkoreksi, kecuali beberapa saham second and third liner yang masih bergerak, namun resikonya sudah lebih tinggi, hanya untuk hit and run saja. Untuk pembelian, masih bisa menunggu minggu depan untuk Buy on Weakness.

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE