Tuesday, April 3, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 3, 2012

ALL TIME NEW HIGH RECORD 4232/4215 !

Spectakuler ! Hari ini Index kembali mengulir sejarah baru, dengan pencapaian rekor tertinggi yang baru, 4232 dalam sesi perdagangan dan ditutup di harga tertinggi juga 4215 !
Begitu dibuka, index langsung melesat, naik 22 point, lalu langsung bergerak kepada kenaikan 40 point lebih dalam 2 menit perdagangan dan akhirnya ditutup dengan kenaikan 51 point di sesi 1, di level 4217.

Sesi 2 index bergerak naik lebih tinggi, bahkan mencapai level tertinggi, naik 66 point di level 4232, namun satu menit menjelang penutupan terjadi aksi profit taking, sehingga menyisakan kenaikan index menjadi plus 49 point di level 4215.

Market hari ini : open 4166 high 4232 low 4166 close 4215

Volume trading hari ini mencapai 5 miliar saham dengan value transaksi sebesar 7.1 T rupiah, yang menandakan bahwa kebanyakan yang bergerak adalah saham-saham big caps.
Saham yang naik ada sebanyak 124 saham, yang tidak bergerak 101 saham dan yang turun ada sebanyak 120 saham.

Seperti juga kemarin, seluruh sektor industri naik pada hari ini, dimulai dengan sektor Aneka Industri yang naik 22 point, diikuti oleh sektor Keuangan yang naik 15 point, lalu sektor Perkebunan, naik 10 point, Manufaktur, Konsumer, Infrastruktur, Properti, Industri Dasar, Perdagangan dan Pertambangan, masing-masing naik dalam kisaran 9 point - 0.03 point.

Apa yang terjadi pada perdagangan hari ini atau satu setengah bulan terakhir, hampir mirip dengan apa yang terjadi pada akhir Juni 2011 - awal Agustus 2011, dimana selama 6 minggu Index bergerak naik, 20/Juni, 1/Juli, 8/Juli, 15/Juli, 22/Juli, 29/Juli, lalu market terkoreksi mulai dari 2 Agustus 2011.

Sedangkan untuk tahun ini, juga selama 6 minggu, rally dimulai dari 28/Pebruari, 9/Maret, 16/Maret, 22/Maret, 30/Maret, 3/April, yang merupakan all time high !
Jadi sesudah mencapai all time high, what next ? Akankah Index terus merengkuh pencapaian tertinggi baru, ataukah akan mengalami koreksi dahulu ?

Jika menilik kepada stochastic yang sudah berada dalam kondisi jenuh beli, setidaknya index akan mengalami istirahat dulu, sebelum melanjutkan kenaikannya kembali. Jadi un tuk perdagangan besok, walau pun masih ada peluang market untuk bergerak naik, namun resiko turun juga akan lebih besar. Jadi untuk trading, harus lebih waspada, jangan sampai terjebak untuk membeli di harga tinggi atau tertinggi !
Atau lebih baik melakukan penjualan dulu, sambil melihat pergerkan index sepanjang sisa minggu ini.

Market 4 April 2012

ASII – TRADING SELL
Hari ini merupakan hari kedua gap up, jadi jika besok dibuka dengan gap up lagi, berarti confirm, Sell, karena pola gap up, biasanya gap terakhir akan disertai dengan reversal. Di samping itu, kondisi ASII sudah berada dalam area over bought berat.

BMRI – SELL INTO STRENGTH
Bisa saja besok BMRI masih bergerak naik, namun sebaiknya momentum kenaikannya, kalau iya, dipakai untuk melakukan penjualan, karena gerak naiknya sudah mulai tertahan untuk sementara ini.

BBRI – SELL ON STRENGTH
3 hari berturut-turut BBRI berusaha ditarik ke atas, tetapi kemudian ditutup di harga tengah. Seperti hari ini, naik sampai 7.150, tetapi akhirnya ditutup di harga 7.100. Jadi kenaikannya kelihatan mulai tersendat-sendat. Lagipula, seperti ASII, BBRI pun sudah berada dalam kondisi over bought, karena itu, jika besok masih berusaha untuk naik, sebaiknya lakukan profit taking, apalagi jika harga tidak bisa lebih tinggi dari 7.150

BBNI – SELL ON STRENGTHbbni
Hari ini BBNI masih berusah ditarik ke atas, walau pun dengan kondisi yang sudah over bought juga, namun untuk besok, sebaiknya sell on strength, jika masih berusaha untuk ditarik naik lagi, apalagi jika harga tidak bisa melebihi 4.225

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : GJTL

SPECULATIVE TRADING : BWPT - AISA -TBIG

Happy profit taking

karena sebagian besar saham sudah berada dalam kondisi over bought, sehingga risk nya akan lebih besar, karena itu, strateginyanya adalah hit and run.

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE