Monday, June 9, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 9, 2008

KONSOLIDASI ............. KONSOLIDASI !!!!

Terbalik dari hari Jumat, 6 Juni 2008 yang lalu, market hari ini dibuka turun 45 point, bahkan sampai turun terendah 49 point di sesi pagi, sebelum akhirnya ditutup plus 7 point pada penutupan market sesi 2.

Dari data-data perdagangan beberapa bulan terakhir, terlihat bahwa volatilitas saham BUMI sangat berpengaruh kepada pergerakan indeks BEI, menggantikan posisi TLKM yang selama ini mendominasi turun naiknya indeks BEI.

Tergesernya saham TLKM sebagai index mover juga terlihat dari volume dan value perdagangan yang lebih kecil dibandingkan dengan volume dan value BUMI setiap harinya. Makanya, begitu BUMI naik, maka beramai-ramai saham-saham yang lain juga ikut naik, sebaliknya, jika saham BUMI turun, maka beramai-ramai juga saham lainnya ikut turun.

Hari ini, kenaikan indeks, selain disumbangkan oleh saham BUMI, juga disumbangkan oleh saham-saham berkapitalisasi besar, dari sektor perkebunan dan pertambangan, antara lain, AALI, TINS, PTBA, MEDC, dan lainnya, yang kesemuanya minus pada sesi pertama, tetapi ditutup menguat pada penutupan sesi dua.

Market untuk Selasa, 10 Juni 2008, terlihat masih akan konsolidasi, karena walau pun market hari ini ditutup menguat, tetapi dengan volume yang kecil, jadi ini tidak bisa mencerminkan kekuatan market yang sesungguhnya.

Market 10 Juni 2008

AALI BUY
ANTM BUY
ASII BOW
BBRI BUY
BMRI BUY
BBCA BUY
BBNI BOW
BNBR BOW
BUMI BUY
INCO BOW
ISAT BOW
PGAS SELL INTO STRENGTH
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS BUY
TLKM BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE