Friday, June 20, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 20, 2008

TERIMBAS OLEH REGIONAL MARKET !

Market hari ini sebetulnya sudah on track, waktu pembukaan sesi pertama naik, terus bergerak ke atas sampai plus 13, sebelum akhirnya mengikuti bursa regional yang lain, turun, bahkan sampai terendah minus 20. Beruntung menjelang penutupan market, indeks berhasil dibawa naik kembali, sehingga ditutup "hanya" minus 1 di level 2371.

Saham-saham yang naik hari ini masih didominasi oleh saham-saham pertambangan dan perkebunan. Walau pun ada satu dua saham pertambangan yang turun, semata-mata hanya kerena sudah terlalu cepat naiknya, sehingga ada yang melakukan profit taking.

Hari ini, market dikacaukan juga dengan akan diterbitkannya aturan baru mengenai tender offer. Makanya harga saham-saham yang sedang dalam proses tender offer, antara lain, BNII, LPBN, BNGA, APEX, langsung berguguran. Berita yang beredar, "yang belum tentu benar" adalah bahwa aturan baru untuk melakukan tender offer, pihak pengendali baru harus sudah menguasai 50% saham yang beredar, lalu pelaksanaan tender offer juga harus menyisakan 20% saham publik dan harga tender offer juga bukan mengambil harga tertinggi atau harga take offer sebagai acuan harga untuk tender offer, tetapi yang dipakai adalah harga rata-rata selama kurun waktu tertentu.
Bandingkan dengan aturan lama : untuk tender offer, investor harus memiliki 20% saham yang beredar, harga tender offer harus mengambil harga tertinggi selama kurun waktu tertentu, atau mengambil harga take offer sebagai harga acuan. Jadi harga tender offer biasanya akan lebih tinggi dari harga pasar.
Supaya jelas, tunggu saja sampai peraturannya keluar, baru bisa diketahui, harga mana yang akan menjadi acuan yang sebenarnya.

Terlepas dari berita-berita di atas, sebenarnya market masih memiliki saham-saham yang bergerak naik, asal saja investor bisa masuk pada waktu yang tepat. Lihat saja saham-saham PTBA, BUMI, TLKM, AALI, LSIP, masih tetap bergerak naik. Khusus untuk TLKM, sekarang ini sudah diperdagangkan di level harga yang terendah sejak bulan Juli 2006 !
Jadi sebenarnya, indeks sendiri masih memiliki peluang untuk naik lagi ke level yang lebih tinggi, hanya saja hal ini memerlukan waktu yang lebih lama, karena market memang sedang ada dalam kondisi konsolidasi.

Saham-saham yang sudah naik berhari-hari sebaiknya diwaspadai. Ada baiknya mulai melakukan profit taking untuk saham-saham tersebut. Salah satunya adalah saham PTBA yang sudah mendekati target pricenya.

Market 23 Juni 2008

AALI BUY
ANTM BOW
BBRI BOW
BMRI BOW - HARI INI EX DEVIDEN, MAKANYA TURUN
BUMI BOW
INCO BOW
PGAS BOW
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS SELL INTO STRENGTH
TLKM BUY
UNSP BUY
UNTR BOW

WATCH FOR : LSIP/SGRO/BLTA/INKP/AKRA/SOBI/TBLA/INDF


ps : untuk meningkatkan kemampuan untuk menganalisa saham-saham secara teknikal, dalam blog ini disediakan sarana-sarananya. Salah satu yang bisa diakses secara cuma-cuma adalah Elliot Wave yang ada di bawah, atau bisa juga dengan google search yang ada di sebelah kanan atas, cari kata "candle stick", maka akan keluar website-website mengenai analisa teknikal dari Jepang yang di kenal sebagai candle stick. Di sana bisa dipelajari patern-patern yang mengindikasikan kenaikan atau penurunan saham.
Akhir nya, untuk berinvestasi, tidak ada kata "terlambat" untuk belajar lebih banyak !!!!
Good Luck !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE