Tuesday, June 10, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 10 2008

MARKET MASIH KONSOLIDASI !!!!

Market hari ini sebenarnya masih berusaha untuk melanjutkan kenaikan di hari sebelumnya, yaitu menjelang penutupan market kemarin, indeks berbalik arah dari minus 49, akhirnya ditutup menjadi plus 7. Market hari ini, seolah-olah mau melanjutkan kenaikan kemarin, dibuka plus 13, terus masih naik menjadi plus 15, tetapi akhirnya melorot dan ditutup minus 36 point di level 2373.

Kemarin sudah diperingatkan, bahwa walau pun indeks ditutup menguat, tetapi karena volume transaksinya tipis, menunjukkan bahwa market belum memiliki kekuatan pasar yang riel untuk mempertahankan momentum kenaikannya.

Seperti ditulis juga kemarin, bahwa sekarang yang menjadi index mover adalah saham BUMI, karena kapitalisasi marketnya sudah melewati saham TLKM yang selama ini nomor satu. Pagi-pagi, saham BUMI masih menguat, market pun masih hijau. Tetapi begitu BUMI mulai dilepas, beramai-ramai saham yang lain pun ikut dilepas juga.
Makanya, walau pun saham TLKM hari ini mengalami kenaikan, tetapi tidak berpengaruh terhadap indeks, bursa tetap saja minus sepanjang hari.
Penurunan indeks hari ini juga diperparah oleh rontoknya hampir semua bursa-bursa regional.

Khusus sektor perbankan, walau pun masih dihantui oleh inflasi dan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut, tetapi pertumbuhan kredit kelihatannya tetap masih terjaga, terutama bank-bank papan atas yang memiliki dana besar untuk mengucurkan kredit ke sektor-sektor perkebunan dan pertambangan yang sedang booming.

Karena itu, dari data-data perdagangan hari ini, market Rabu 11 Juni 2008, terlihat masih tetap ada dalam teritori negatif. Jika tidak ada kekuatan pasar yang menopang kenaikan indeks, maka indeks memiliki kemungkinan untuk menutup gapnya di level 2343.
Karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan profit taking dulu.

Market 11 Juni 2008

AALI BOW
ANTM BOW
ASII BOW
BBRI BUY
BMRI BOW
BBCA BOW
BNBR BOW
BUMI BOW
INCO BOW
ISAT SELL INTO STRENGTH
PGAS SELL INTO STRENGTH
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS BOW
TLKM BOW
UNSP SELL INTO STRENGTH
UNTR SELL INTO STRENGTH

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE