Monday, June 30, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 30, 2008

WALAU NAIK, TAPI MARKET BELUM TERLALU KUAT !!!!

Walau pun hari ini market dibuka naik dan sepanjang perdagangan pada hari ini dapat dijaga di level positif sampai penutupannya, tetapi volume perdagangan yang merupakan inti kekuatan market tidak terlalu kelihatan. Memang market dibuka naik 2 point, terus bergerak sampai penutupannya hampir plus 17 point di level 2349, tetapi secara volume, market hari ini hanya mentransaksikan sebanyak 1.7 miliar lembar saham dengan value sebesar Rp. 2.9 T.
Jumlah volume yang hanya 1.7 miliar lembar ini jelas tidak mencerminkan kekuatan pasar yang sebenarnya. Jadi jangan bergirang dulu dan mengira market sudah mau rebound, karena sewaktu-waktu market bisa minus kembali, jika penjual masuk kembali ke market.
Jangan lupa bahwa hari ini adalah tanggal 30 Juni, di mana biasanya ada unsur window dressing untuk akhir semester I.

Untuk menguji kekuatan market yang sesungguhnya, dapat ditentukan besok hari, jika market masih tetap bergerak naik dengan volume yang lebih besar dari hari ini, maka dapat diartikan bahwa memang kekuatan pasar pembeli mulai masuk kembali ke market, sehingga market dapat terus bergerak naik lagi.

Dari pantauan saham-saham yang bergerak hari ini, yang masih mendominasi pergerakan indeks masih dari sektor pertambangan, perkebunan dan satu dua perbankan. Untuk besok, 1 Juli 2008, ketiga sektor tersebut masih akan tetap bergerak secara sendiri-sendiri mau pun bersama-sama.

Market 1 Juli 2008

AALI BUY
ASII BOW
ANTM BOW
BBRI SELL INTO STRENGTH
BDMN BOW
BMRI BUY - LOWEST PRICE 2575
BUMI BOW
INCO BOW
PGAS BUY
PTBA BUY
TINS BUY - BREAK RESISTENCE DENGAN VOLUME BESAR
TLKM BUY
UNSP BOW
UNTR BUY

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE