Thursday, June 19, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 19, 2008

TEKANAN JUAL MULAI MELEMAH, PEMBELI MULAI MASUK !!

Walau pun dibuka dengan minus 14 point, namun perlahan tapi pasti, indeks mulai rebound dan akhirnya ditutup menguat 8 point di level 2373.

Seperti ditulis kemarin, bahwa ke depan, saham-saham berbasis komoditi akan mengalami kenaikan, ternyata kenaikan indeks hari ini justru didorong oleh saham-saham yang berbasis komoditi. Karena saham market mover, BUMI hari ini naik Rp. 350, membuat saham-saham yang lain juga ikut terkerek naik, sehingga indeks yang tadinya minus berubah menjadi plus.
Saham-saham penyumbang kenaikan indeks hari ini terdiri dari : AALI, ITMG, PTBA, LSIP dan tentu saja BUMI yang sudah disebutkan terlebih dahulu.

Dari sisi value, nilai perdagangan saham BUMI hari ini mencapai Rp. 1.7 T, artinya transaksi BUMI menyumbang 36% dari total transaksi BEI hari ini yang sebesar Rp. 4.7 T. Selebihnya nilai transaksi saham-saham yang lain bahkan tidak terlalu signifikan. Makanya jika dikatakan bahwa saham BUMI lah yang sekarang menjadi penggerak indeks memang tidak salah.

Saham-saham yang hari ini mengalami penurunan adalah saham ASII, UNTR, juga saham-saham sektor perbankan hari ini rata-rata turun.

Untuk besok, Jumat, 20 Juni 2008, market terlihat mulai ada kekuatan untuk rebound dan berbalik naik kembali. Saham-saham yang tadinya side ways, hari ini mulai menemukan momentum untuk bergerak naik kembali, setelah sekian lamanya terkonsolidasi.

Market Jumat, 20 Juni 2008

AALI BUY - MULAI BERBALIK ARAH DENGAN VOLUME SIGNIFIKAN
ANTM BUY
BBRI BOW
BMRI BOW
BNBR BUY
BUMI BUY
INCO BUY
PGAS BOW
PTBA BUY
TINS SELL INTO STRENGTH
TLKM BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : LSIP/SGRO/BLTA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE