Friday, May 30, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 30, 2008

MARKET STILL IN CONSOLIDATION MOOD !!

Kembali, pola-pola perdagangan seperti hari-hari yang lalu terjadi lagi di Bursa Efek Indonesia. Indeks dibuka naik sedikit, lalau sempat naik sampai plus 8 di level 2454, kemudian minus sampai 13 point di level 2433 dan kemudian ditutup minus 2 point di level 2444.

Sebenarnya, jumlah saham yang naik hampir sama banyaknya dengan jumlah saham yang turun. Bedanya hanya pada bobot masing-masing saham dan agenda dari saham-saham tersebut secara individu.
Kecuali 2 saham pertambangan yang naik tinggi, yaitu ITMG dan PTBA, yang masing-masing naik Rp. 750 dan Rp. 700, selebihnya adalah saham-saham dari berbagai industri yang berbeda. Sedangkan saham-saham yang turun juga berasal dari industri yang berbeda. Jadi kenaikan dan penurunan harga saham terlihat merata, tergantung individu sahamnya masing-masing.

Untuk sementara, indeks sendiri terlihat masih terkonsolidasi, namun untuk jangka menengah, indeks masih berpeluang untuk naik kembali. Hanya saja, jika tidak terlihat trend yang jelas, maka yang dapat dilakukan adalah hit and run untuk saham-saham yang sedang bergerak.

Untuk kenaikan indeks, perlu adanya trigger yang kuat dan masif, sehingga market bisa bergerak semua dengan satu arah, tetapi dalam kondisi makro ekonomi seperti sekarang ini, dengan naiknya harga BBM dalam negeri, ancaman inflasi, ancaman kenaikan suku bunga dan kenaikan harga barang-barang, selama masih adanya ketidak pastian, maka market akan tetap jalan di tempat.

Market 2 Juni 2008

ANTM BOW
ASII SELL INTO STRENGTH
BBRI BOW
BMRI BOW
BBCA BOW
BNBR BUY
BUMI BOW
ELTY BOW
ISAT BOW
PGAS BUY
PTBA SELL INTO STRENGTH
TLKM BUY
UNTR BUY

WATCH FOR : LTLS/AKRA/SOBI

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE