Friday, May 2, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 2, 2008

AKHIRNYA REBOUND JUGA !!!

Stock market Indonesia akhirnya rebound juga mengikuti bursa-bursa regional.

Kenaikan indeks kali ini didongkrak oleh berita penurunan harga minyak bumi dan komoditas lainnya. Hal ini membuat investor memiliki alasan untuk masuk kembali ke market dan mengangkat indeks ke level yang lebih tinggi.

Pergerakan indeks pada sesi pagi dimotori oleh Astra group, terkait dengan laporan keuangan kwartal pertama grup Astra yang sudah dipublish. ASII membukukan kenaikan net profit kwartal I sebesar 76%. Hal ini memang di luar perkiraan banyak orang, bahkan oleh para investor asing sekali pun. Masih segar dalam ingatan, selama berminggu-minggu, saham ASII dijual terus oleh broker-broker asing, seolah-olah ASII sudah tamat riwayatnya.

Pada hal di tengah-tengah kepanikan yang terjadi, karena penjualan saham ASII, dalam blog ini, para investor secara terus-menerus masih direkomendasikan untuk membeli saham ASII tersebut.

Di bawah ini dikutip sebagian tulisan mengenai ASII tanggal 8 April 2008 :

"Sedikit ulasan mengenai ASII. Selama sepekan ASII sudah terkoreksi demikian dalam, dari level tertinggi di Rp. 24.700 pada tanggal 1 April 2008, hari ini ditutup di harga Rp. 18.350.Ketakutan utama terhadap ASII adalah inflasi yang tinggi, akan menyebabkan kenaikan interest rate, yang ujung-ujungnya akan mengurangi pembelian mobil secara kredit. Kenaikan bahan baku produksi juga akan memaksa Astra untuk menaikkan harga jual, yang sekali lagi akan memangkas penjualan. Belum lagi kalau subsidi BBM akhirnya jadi dikurangi oleh pemerintah, semuanya itu akan memperparah kondisi ASII.Namun, yang mungkin terlupakan adalah bahwa ASII tidak hanya identik dengan mobil dan motor. ASII adalah sebuah konggromerat, yang selama ini terbukti bisa melewati berbagai gejolak ekonomi. Don't worry about ASII, "HE" will takecare of "himself." Jadi, rekomendasi untuk ASII tetap BUY."

Case ASII merupakan sebuah cerminan tentang pentingnya memiliki saham-saham blue chip yang berfundamental bagus, yang management nya sudah teruji sepanjang masa, melewati siklus ekonomi yang bagus mau pun terjelek sekali pun.

Reboundnya stock market Indonesia hari ini, seperti ditulis juga dalam beberapa hari terakhir ini, karena first quater result sebagian besar emiten yang melampaui perkiraan analis. Jadi secara fundamental, emiten-emiten yang ada masih memiliki prospek yang baik.

Hanya saja, stock market Indonesia, walau pun hari ini naik secara kuat dan dengan angka kenaikan yang cukup tinggi sebanyak 38 point, tetapi masih menyisakan tanda tanya secara teknikal.
Karena hari ini market dibuka dengan gap yang cukup jauh terhadap level tertinggi kemarin, terpaut sebanyak 18 point, seolah-olah membuat pola grafik IHSG hari ini seperti berdiri sendiri, terpisahkan dari grafik hari-hari yang lalu.

Untuk beberapa hari ke depan, bagi Investor yang sudah untung, sebaiknya mengambil profit taking, karena market sewaktu-waktu bisa terkoreksi kembali untuk mencari keseimbangan baru. Hal ini tentu saja tidak berlaku bagi investor yang memiliki time horizon yang panjang.

Stock Market tanggal 5 Mei 2008

AALI BOW
ANTM BOW
ASII BUY
BBCA BUY
BBNI BUY
BBRI BUY
BMRI BUY
BNBR BOW - THE NEXT CONGGROMERATE !
BNGA BUY
BRPT BUY
ELTY BUY
ENRG BUY
INCO BOW
ISAT BUY
PGAS BUY
PTBA BOW
UNTR BUY

BDMN BUY
SMCB BUY

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE