Tuesday, May 27, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 27, 2008

MARKET STILL IN THE CONSOLIDATION STATE !!

Hari ini, selepas pembukaan sesi pertama, market langsung melejit dan naik sampai 27 point, tetapi kemudian, pada mulanya, perlahan-lahan, kemudian menjadi deras seperti air bandang dan membuat indeks turun sampai minus 32 point, walau pun kemudian ditutup minus 22 point.
Hari ini, dua saham grup Bakrie mencatatkan nilai transaksi yang sangat significant, yaitu saham BUMI dan UNSP. Keduanya menguasai 29% dari total nilai perdagangan hari ini, walau pun dengan kondisi yang berbeda, saham BUMI mengalami penurunan, sedangkan saham UNSP mengalami kenaikan.

Dari saham-saham yang akhirnya ditutup turun, beberapa di antaranya adalah BUMI dan TLKM yang secara bersama-sama memiliki bobot indeks yang tinggi, sehingga menyebabkan indeks minus dalam pada hari ini. Padahal, hari ini pun masih banyak saham-saham papan atas yang masih mengalami kenaikan, salah satunya adalah ASII, tetapi tidak mampu membuat indeks menjadi plus, karena kalah bobot.

Menyikapi penurunan indeks beberapa hari ini, ada beberapa hal yang perlu dicatat, di antaranya adalah tentang kenaikan saham-saham blue chip minggu yang lalu, yang terkesan kuat sekali, tetapi diiringi oleh profit taking pada minggu ini. Kemudian, beberapa emiten yang sedang mengadakan corporate action, salah satunya adalah relisting saham TPIA, lalu masuknya BRPT ke dalamnya, yang membuat kedua saham tersebut naik, walau pun saham yang disebut terakhir akhirnya turun kembali. Kemudian, masih ada lagi berita tentang pembagian deviden oleh sebagian besar emiten. Perlu dicatat, selama ini saham-saham BUMN biasanya memberikan deviden yang lumayan tinggi.

Karena itu, mumpung saham-saham sedang terkoreksi, inilah waktunya untuk membeli saham-saham berfundamental bagus dengan harga yang murah. Jangan mengejar, waktu harga mereka sudah naik terlalu tinggi. Ingat selalu motto : Buy Low Sell High, bukan sebaliknya.

Tadi adalah rekomendasi dari sisi fundamental. Dari sisi teknikal, kemungkinan market masih akan turun sedikit lagi, namun tidak akan terlalu dalam. Bahkan sewaktu-waktu malah bisa berbalik kembali. Jadi masih bisa untuk bertrading ria.
Kemungkinan market akan mentest support level sementara di angka 2382.

Market 28 Mei 2008

AALI BOW
ANTM BOW AND HOLD FOR MEDIUM TERM
ASII BUY
BBRI BUY
BMRI BUY
BNGA BUY
BBCA BUY
BNBR BUY
BUMI BOW
ELTY BOW
INCO BUY
INDF BOW
ISAT BOW
PGAS SELL
PTBA BUY
TLKM BOW
UNTR BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE