Thursday, May 29, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 29, 2008

BEWARE OF THE MARKET FLUCTUATION !!

Hari ini market kembali dibuka dengan kuat, naik 20 point dan naik tertinggi sebesar 22 point di level 2455, kemudian turun sampai minus 6 point, tetapi pada akhirnya ditutup menguat 13 point di level 2446.

Bagi mereka yang melakukan trading harian, market seperti ini bisa menjadi pisau bermata dua, di satu sisi, bagi yang sudah terlatih, market demikian membuka peluang untuk bertrading dan mendapatkan keuntungan darinya, sedangkan bagi yang tidak berpengalaman, market seperti ini akan membuat panik, frustrasi dan kemudian cut loss.

Market yang berfluktuasi tinggi seperti ini juga menunjukkan bahwa ada banyak agenda atau kepentingan yang terjadi di market. Di satu sisi, ada pihak-pihak yang mengadakan pembelian, yang berusaha menaikkan indeks, di sisi lain, ada pihak-pihak yang ingin melakukan profit taking dan membuat indeks tertekan.
Lihat saja saham-saham yang sudah naik pada sesi pagi, kemudian tiba-tiba, di tengah-tengah perdagangan dibawa turun, baru kemudian naik lagi, atau bahkan ada yang tidak naik-naik lagi.

Ini menandakan bahwa market masih belum berjalan satu arah, ke atas atau ke bawah. Masih terjadi saling tarik menarik, sampai salah satu pihak kalah dan akhirnya market menemukan trend kuat nya kembali, barulah market bisa mengarah ke atas atau ke bawah.

Jika melihat data-data perdagangan beberapa hari ini, memang masih terlihat bahwa market sedang berusaha untuk bergerak naik menuju trend bullishnya kembali. Jadi bagi saham-saham blue chip yang tertekan, ada peluang untuk naik kembali.
Khusus saham-saham third liner atau saham-saham yang tadinya tidak likuid, tetapi tiba-tiba naik dengan kencang, sebaiknya dihindari. Tetapi jika tidak bisa tahan, lebih baik hit and run, walau pun dengan keuntungan yang sedikit, tetapi dengan resiko yang lebih kecil.

Market 30 Mei 2008

AALI BUY
ANTM BOW
ASII BUY
BBRI BOW
BMRI BUY
BNGA BUY
BBCA BUY >>DOUBLE BOTTOM - DOUBLE DOJI
BNBR BUY
BUMI BUY
ELTY BOW
ENRG BUY
INCO BUY
ISAT BUY
PGAS BOW
PTBA SELL INTO STRENGTH
TLKM BOW
UNSP BUY
UNTR BUY

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE