Friday, May 23, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 23, 2008

MARKET SEDANG KONSOLIDASI !

Tanpa diduga-duga sebelumnya, market hari ini turun terendah sampai 56 point di level 2447, walau pun akhirnya ditutup rebound sedikit, tinggal minus 37,9 di level 2465. Pada hal waktu buka sesi pagi masih terlihat menguat, walau pun tidak naik significant, tetapi indeks plus 12 point di level 2516.

Menjelang sesi II, market mulai dilanda penjualan besar-besaran, sehingga saham-saham yang tadinya naik di sesi pagi malah berubah menjadi minus. Kembali saham BUMI, ASII, TINS, ISAT, AALI, LSIP, ANTM dan INCO, turun dengan angka yang cukup besar, minimal Rp. 200,- membuat indeks tetap turun tajam, walalu pun diimbangi oleh kenaikan saham PTBA, PTRO dan TKIM, dengan nilai kenaikan yang besar, Rp. 1.100, Rp. 700, Rp. 475. Namun karena bobot indeks ketiga saham tersebut, juga saham-saham yang naik lainnya tidak memiliki bobot indeks yang besar, sehingga membuat indeks tetap minus besar.

Padahal, dari top 5 broker asing pada hari ini, kalau dijumlahkan, masih melakukan net buying. Artinya, yang melakukan penjualan adalah investor lokal yang sudah mengumpulkan barang-barang pada minggu-minggu yang lalu dan sekarang melakukan profit taking, it sounds good !

Memang tulisan tanggal 22 Mei sudah mengingatkan untuk tidak mengejar saham-saham sektor pertambangan dan perkebunan yang sudah naik terlalu cepat.

Market 26 Mei kelihatannya akan tetap berfluktuasi, cenderung untuk konsolidasi, sehingga investor harus berhati-hati mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi sedemikian cepat. Lihat saja, saham BRPT, dari posisi tertinggi di harga Rp. 2475, akhirnya ditutup turun diharga Rp. 2100. PTBA, dari harga tertinggi di Rp. 13.450, beruntung masih ditutup dengan plus Rp. 1100 di harga Rp. 13.050.
Khusus PTBA, kelihatannya masih akan tetap bergerak ke atas untuk satu dua hari ke depan, sehubungan pengumuman kenaikan harga jual ke PLN dan rencana corporate action yang akan menyebabkan pendapatan sampai akhir tahun ini yang akan meningkat tajam.

Minggu-minggu ini juga banyak emiten yang mengumumkan pembayaran deviden yang cukup besar jumlahnya, sehingga investor tinggal memilih, saham-saham mana yang akan dibeli untuk mendapatkan deviden tunai dalam waktu dekat ini.

Market 26 Mei 2008

AALI SELL
ANTM BOW AND HOLD UNTUK MEDIUM TERM
ASII BOW FOR LONG TERM
BBRI BOW
BMRI BOW
BNBR BOW
BUMI SELL INTO STRENGTH
ELTY BOW
INCO BOW
INDF SELL
ISAT BOW
PTBA BUY
TBLA BUY
TLKM BOW
UNTR BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE