Tuesday, November 29, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 29, 2011

DOES THE SUN REALLY SHINE ?

Seperti ditulis kemarin, bahwa hari ini market memiliki peluang untuk bergerak naik, apalagi jika didukung oleh kenaikan di regional market, maka market Indonesia bisa bergerak agresif. Ternyata, hari ini market memang bergerak agresif. Dibuka naik 14 point di pre opening, berlanjut naik lagi 20 point pada sesi 1, namun index baru mulai bergerak agresif setelah satu jam perdagangan sesi pertama dan akhirnya ditutup naik 41 point di level 3688 pada akhir perdagangan.

Sesi kedua dibuka dengan market yang lebih bergairah, index sempat naik tertinggi di level 3710, naik 63 point, namun akhirnya market ditutup naik 40 point di level 3687.

Sebenarnya, berapa pun kenaikan index pada hari ini, akan membuat perbedaan, karena dengan adanya kenaikan index 2 hari berturut-turut akan membawa sentimen positif tentang perubahan trend market, dari teritori negatif ke teritori positif. Apalagi dengan kenaikan yang cukup signifikan pada hari ini.
Indikator Stochastic juga berbalik arah, dari tekanan jual menuju Trading Range, sehingga saham-saham bisa bergerak lebih leluasa di area perdagangannya.

Market hari ini : open 3647 high 3710 low 3646 close 3687

Seluruh sektor industri yang ada hari ini naik, kecuali sektor properti yang turun 0.16 point, hampir-hampir tidak berpengaruh. Sektor pendorong index tertinggi hari ini adalah sektor Perkebunan, naik 39 point, disusul oleh sektor Aneka Industri, naik 27 point, Konsumer 19 point, Manufaktur 16 point, Finance dan lainnya dengan kisaran 6 sampai 2 point.

Volume transaksi sebesar 2.5 miliar saham dengan value trading sebesar 3.4 T rupiah, yang menandakan perpindahan saham-saham big caps. SEbanyak 126 saham bergerak naik, 90 saham stagnan dan 77 saham turun harganya.

Dengan kenaikan yang terjadi hari ini, membuka peluang market untuk bergerak naik lagi pada perdagangan besok hari, kecuali terjadi perubahan atau penurunan yang signifikan di regional market, jika tidak, market akan cenderung naik dari pada turun.

Market 30 Nopember 2011

ASII – SPECULATIVE TRADING
ASII naik, tetapi tidak ditutup di level high, menunjukkan kekuatan yang tidak sempurna, di samping itu, untuk sementara ada resistensi minor di harga 72.000. Harga akan bergerak lagi jika bisa menembusi level tersebut dengan kekuatan penuh.

BMRI – BBRI – TRADING BUY
Setelah mengalami tekanan jual 2 hari berturut-turut, hari ini penurunan kedua saham tersebut mulai tertahan, bahkan mulai mengalami reversal, kekuatan market yang masuk pun mulai mendukung.

BBNI – TRADING BUY
Pola trading yang terbentuk kemarin, dilanjutkan dengan kenaikan pada hari ini dan akan dilanjutkan pada perdagangan besok hari.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : CPIN - TLKM

TRADING BUY : PGAS – AKRA – BWPT – MAIN – SIMP – UNTR

SPECULATIVE TRADING : ADRO – BORN – BKSL – INDF – BBCA – INDY – SMGR – BBTN

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE