Monday, November 21, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 21, 2011

TOWARD BEARISH MARKET ?

Belum adanya penyelesaian yang pasti mengenai krisis keuangan di negara-negara Eropah membuat market masih belum menemukan arah yang pasti juga. Setelah minggu lalu market bergerak flat, hari ini Index kembali tertekan, dengan penutupan ke bawah.

Dari sesi pertama index sudah mengalami tekanan, dari minus tiga puluhan di awal sesi pembukaan, akhirnya ditutup minus 55 point pada sesi pertama di level 3699.

Walau pun volume hari ini cukup besar, sebanyak 3.9 miliar saham, dengan value sebesar 3.1 T rupiah, namun pergerakan index masih tetap berjalan dengan lambat.

Semua sektor industri yang ada mengalami penurunan, dipimpin oleh sektor Perkebunan yang turun 48 point, Sektor Aneka Industri yang turun 19 point, disusul oleh Industri dasar, Infrastruktur, Finance dan Konsumer yang turun 11 point dan sektor konstruksi dan properti turun 5 point.

Dengan penutupan index pada hari ini, akan membuka peluang penurunan lebih lanjut pada perdagangan besok hari. Namun untuk pergerakan index, stochastic sudah mulai memasuki are over sold, karena itu index juga akan bersiap-siap untuk rebound kembali.
Jadi untuk Investor jangka menengah sudah bisa masuk ke market dengan membeli secara gradual.

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE