Tuesday, October 4, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 4, 2011

AFTER BREAKING 3300, WHAT LEVEL IS THE MARKET HEADING ?

Searah dengan penurunan index yang terjadi di regional market, hari ini index dibuka langsung turun 40 point, walau pun dalam 5 menit perdagangan sempat berbalik menjadi plus 0.975 point, namun index masih bergejolak sampai dengan jam 10.20, bahkan masih sempat naik 1 point, (bayangkan, dari minus 46 point berubah menjadi plus 1) tetapi setelah itu market mulai melorot dan tidak pernah berbalik lagi dan ditutup minus 53 di sesi 1.

Sesi 2 market sempat rebound, sampai minus tinggal 18 point saja, tetapi menjelang pembukaan market Eropah, index kembali melorot dan terus turun sampai minus terdalam 96 point di level 3256, walau pun akhirnya ditutup minus 79 point di level 3269.

Market hari ini : open 3347 high 3352 low 3256 close 3269

Volume transaksi hari ini, 4.2 miliar lembar saham dengan value sebesar 4.6 T rupiah, dengan 197 saham yang turun, 45 yang stagnan dan 40 saham yang naik harganya.
Semua sektor industri turun pada hari ini, dipimpin oleh sektor perkebunan, turun sebesar 41 point, consumer goods 24 point, keuangan 13 point dan lainnya masing-masing perdagangan & service turun 9 point, konstruksi & properti dan infrastruktur masing-masing 6 point, industri dasar 5 point dan aneka industri 3 point.

Asing masih melakukan penjualan bersih, namun di sisi lain, mereka juga masih melakukan pembelian secara selective, juga selisih antara penjualan dan pembelian tidak begitu besar jaraknya.

Jadi, apa sebenarnya yang terjadi dengan market Indonesia ? Keliahatannya, begitu level support 3300 dilalui, Investor menjadi panik dan melakukan penjualan, sehingga menambah penurunan lebih dalam, sedangkan Investor asing masih melakukan pembelian, ditandai dengan sempat naiknya saham-saham ASII, BBRI, ICBP, PGAS, TLKM, dan lain-lain.

Seperti ditulis kemarin, maka sesudah menembus level 3300, maka selanjutnya index akan mencoba level 3217, yang jika terjadi merupakan penurunan sebesar 52 point dari penutupan hari ini. Sesuatu yang gampang sekali untuk tercapai. Sesudah itu level-level yang bakal di coba adalah 3150 dan 3080.

Jadi untuk perdagangan besok, jika index bisa bertahan di level 3217, maka berarti akan ada rebound untuk sementara, Investor boleh melakukan short term trading, hit and run. jika level 3217 jebol, maka harus ditunggu di level 3150, ikuti swing market, jika rebound, lakukan hal yang sama.
Untuk sementara jangan menyimpan barang untuk jangka waktu panjang, jika ada rebound dan profit, lepas, take your profit !

MARKET 5 OKTOBER 2011

ASII - SELL ON STRENGTH
Walau pun hari ini sempat naik, namun penutupannya masih lemah, sehingga membuat ASII masih rentan untuk profit taking.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Seperti ASII, walau pun hari ini sempat menguat naik, namun penutupannya membuat BMRI menjadi lemah.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
Mirip seperti ASII, namun karena tidak kuat untuk ditutup di level atas, membuat BBRI juga rentan profit taking

BBNI - TRADING SELL
Berbeda dengan kedua bank terdahulu, BBNI malah ditutup di level bawah, dengan volume yang lebih besar dari kemarin, menandakan adanya penjual yang sedang keluar barang. Namun karena tingkat penurunan yang cukup dalam, membuat BBNI memiliki peluang untuk naik sedikit, namun harusnya ini dipakai sebagai peluang untuk menjual.

MORE TRADING IDEAS

TRADING BUY : ELTY - ANTM - TOTL

SPECULATIVE TRADING : ENRG - KIJA - BKSL - PGAS - BBTN - KRAS - LPCK - BBCA - SIMP - GJTL

happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE