Monday, October 17, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 17, 2011

BE AWARE OF MARKET EUPHORIA !

Hari ini market kembali mengalami kenaikan yang cukup besar, 64 point dan ditutup di level 3729, artinya Index kembali bertengger di atas level 3700 !
Masih didukung oleh regional market, hari ini market Indonesia kembali diperdagangkan di teritori positif sepanjang hari perdagangan. Pagi-pagi sudah naik 64 point, namun pelan-pelan mulai mengendor dan agak tersendat sepanjang sisa perdagangan sesi 1, yang akhirnya ditutup naik tinggal plus 47 di level 3711.

Sesi 2 dibuka dengan sedikit profit taking, market mulai mengendor, bahkan kenaikan index tinggal plus 26 point dalam satu setengah jam perdagangan sesi 2, barulah mulai jam 14.00 market mulai merangkak naik dan akhirnya di tutup naik 64 point di level 3729.

Hari ini market seolah-olah mengalami euphoria, karena disatu sisi, indicator stochastic mulai menunjukkan reversal market, namun didukung oleh regional market, volume transaksi hari ini justru lebih besar dibandingkan dengan nilai transaksi hari jumat yang lalu.
Hari ini volume transaksi yang terjadi sebesar 7.7 miliar saham dengan value sebesar 5 T rupiah. Volume besar dengan value lebih kecil, menandakan bahwa yang banyak bergerak naik adalah saham-saham second liner.

Sebanyak 197 saham naik harganya, 61 saham tidak berubah dan 43 saham turun harganya. Satu-satunya sektor yang turun pada hari ini adalah dari consumer goods. Sedangkan sektor-sektor yang naik besar adalah Perkebunan dan Pertambangan, masing-masing naik 58 dan 78 point. Sektor lainnya rata-rata kenaikannya berkisar dari 2 sampai dengan 10 point.

Market hari ini : open 3665 high 3730 low 3665 close 3729

Dipandang dari sisi teknikal, maka level 3729 merupakan angka index bulan Juni 2011, di mana 20 Juni 2011 Index ditutup di level 3729, lalu besoknya 21 Juni 2011 dibuka di level 3729 dan ditutup di level 3794. Sesudah itu, market mulai rally dan bergerak naik terus sampai mencapai puncak di level 4195 pada tanggal 2 Agustus 2011. Sesudah itu terjadilah profit taking dan market mulai menurun kembali. Kondisi market waktu itu juga mirip dengan apa yang terjadi pada saat ini, di mana market sudah dalam kondisi over bought, tetapi koreksi market tidak kunjung terjadi.

Persamaan lainnya adalah bahwa Bulan Juli dan Agustus juga merupakan bulan-bulan pengumuman kinerja keuangan semester pertama atau kwartal kedua, sedangkan Oktober dan November nanti merupakan bulan pengumuman laporan keuangan kwartal ketiga.
Jika kinerja kwartal ketiga menunjukkan hasil yang bagus, tidak tertutup kemungkinan sejarah akan terulang kembali.

Jadi untuk transaksi besok, jika index berhasil dipertahankan di atas level 3729, maka berarti level 3729 akan menjadi support baru untuk level 3700-an. Jika volume hari ini dimasukkan sebagai tambahan, maka seharusnya besok index akan bergerak naik dulu, sebelum adanya koreksi. Namun, karena berada di area over bought, maka market sewaktu-waktu akan mengalami koreksi untuk bergerak naik kembali. Jadi pergerakan index minggu ini akan menentukan pergerakan index selanjutnya.

MARKET 18 OKTOBER 2011

ASII - SELL INTO STRENGTH
Kelihatannya ASII masih akan bergerak besok, namun kenaikannya akan mulai terbatas, karena bayangan profit taking.

BMRI - TRADING SELL
Hari ini dan 2 hari lalu ASII berusaha mendobrak harga 6.800, tetapi tidak kuat. Jadi jika besok tidak berhasil bertahan di atas 6.800, maka BMRI akan konsolidasi dulu untuk sementara waktu.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
Walau pun secara stochastic BBRI juga sudah over bought, namun BBRI masih ada ruang untuk bergerak, walau pun akan ada resistensi di 6.850 yang akan menghadang. Jika tidak bisa melewati harga tersebut, sebaiknya profit taking.

BBNI - SELL INTO STRENGTH
BBNI hari ini ditutup di harga tertinggi, juga dengan volume yang mendukung, sehingga besok masih memiliki kekuatan untuk naik, walau pun juga sudah di area over bought. Resistensi terdekat juga ada di 3.950

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : TLKM

SPECULATIVE TRADING : KIJA - SSIA - CMNP

nb : sebagian besar saham sudah dalam kondisi over bought, jadi akan lebih besar resiko yang ada untuk mentransaksikan saham-saham tersebut, karena termasuk very high speculative trading. Jika terpaksa harus trading, lakukan hit and run dengan cepat !

happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE