Monday, October 3, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 3, 2011

IS THE MARKET TESTING THE 3300 SUPPORT ?

Seperti ditulis hari Jumat yang lalu bahwa market sudah overbought dan akan ada aksi proit taking yang terjadi, karena :
"Dengan data perdagangan pada hari ini, dimana kenaikan yang terjadi tidak disertai dengan market depth yang tinggi, ini menandakan ketiadaan energi untuk mensupport naiknya index. Apalagi volume yang terjadi juga tidak mendukung kenaikan tersebut."

Tetapi apa yang terjadi hari ini adalah penjualan massive, dimana asing kembali melakukan net selling, sehingga menekan index turun dengan cepat.
Dengan volume sebesar 4.3 miliar saham dan value 4 T rupiah, lebih besar dari volume hari Jumat lalu. Sebanyak 263 saham yang turun, 19 saham yang tidak berubah dan hanya 5 saham yang naik harganya pada hari ini. Itu pun saham-saham yang tidak liquid diperdagangkan setiap hari : Sorini, Verena Multi finance, Eterindo, Taisho Pharmaceutical dan Intikeramik.

Searah dengan pergerakan index regional, Sejak dari pembukaan awal sesi 1, market sudah mengalami tekanan, dalam 2 menit perdagangan langsung minus 121 point dan terus tertekan disepanjang sesi 1. Market ditutup minus 143 point di level 3405 di sesi 1.
Sesi 2 market makin tertekan, apalagi market di Eropah rata-rata dibuka dengan minus, sehingga mendorong market turun lebih dalam lagi sampai dengan 219 point, walau pun akhirnya ditutup dengan minus 200 point di level 3348.

Seluruh sektor industri turun pada hari ini, dipimpin oleh sektor perkebunan sebesar 175 point, aneka industri 80 point, finance dan consumer goods masing-masing 31 point, infrastruktur 28 point, perdagangan & jasa serta industri dasar masing-masing 23 point.

Beruntunglah Investor yang sudah melakukan profit taking pada hari Jumat yang lalu, berarti bisa melakukan pembelian kembali pada hari ini atau besok hari.

Untuk perdagangan esok hari, market masih memiliki potensi untuk bergerak turun lagi, apalagi jika regional market masih gonjang-ganjing, akan membuat market Indonesia akan mengalami hal yang sama.
Melihat angka Index terdalam pada minggu lalu, index turun sampai terendah di level 3217, walau pun akhirnya ditutup di level 3316 dan besoknya market rebound kembali, dengan demikian, apakah besok market masih akan mengalami hal yang sama, tertahan di level support 3300, atau tertahan di level 3217, atau malah jebol ?

Untuk sampai ke level 3300 index memerlukan 48 point untuk turun, sedangkan jika mencoba level 3217 akan memerlukan 131 point lagi, angka yang lebih mendekati kondisi hari ini.
Jadi, jika index masih bisa bertahan di atas angka-angka tersebut di atas, maka masih bisa dikatakan bahwa market memiliki support di daerah sekitar itu dan akan ada rebound. Inilah saatnya untuk masuk kembali bila kondisi tersebut tercapai.
Bila tidak, maka market akan mencoba level support yang lebih rendah lagi, antaranya level 3150 dan 3080.

Jadi untuk kondisi seperti ini, yang harus dilakukan adalah tetap strategi Hit and Run. Tunggu market mendekati bottom, jika mulai rebound, masuk ke market, lalu lakukan penjualan jika naik kembali, jangan menahan barang !

Market 4 Okteober 2011

ASII - TRADING SELL
Indikator yang ada, baik stochastic, moving average dan momentum menunjukkan ASII sedang berbalik arah ke bawah.

BMRI - BBRI - BBNI - TRADING SELL
Ketiga bank tersebut memiliki pattern yang hampir sama dengan ASII

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : BORN - SIMP

SPECULATIVE TRADING : ELTY - GJTL

happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE