Friday, December 19, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 19, 2008

MARKET MASIH KONSOLIDASI !!!

Market hari ini hanya sempat naik sebentar, lalu turun sampai minus 19, namun akhirnya ditutup hanya minus 3 di level 1348.
Hari ini, seperti hari-hari yang lalu, indeks turun, tetapi dengan angka yang tipis. Tetapi jika dibandingkan dengan hari-hari lalu, volume hari ini mencapai 3.4 miliar saham, dengan value sebesar 1.9 T rupiah. Artinya, hari ini saham-saham yang ditransaksikan kebanyakan adalah saham-saham lapis tiga dengan kapitalisasi kecil. Makanya volume perdagangan besar, tetapi valuenya kecil.

Saham-saham yang naik dan turun hari ini pun cukup seimbang, dengan porsi saham yang naik kebanyakan berasal dari saham lapis tiga. Hal ini mengindikasikan adanya window dressing bagi saham-saham tersebut.

Sedangkan kebanyakan saham-saham big cap yang berkapitalisasi besar masih terlihat overbought, makanya indeks secara keseluruhan juga masih terlihat overbought karena bobot saham-saham big cap di BEI yang besar.
Makanya, walau pun market minus, tetapi masih banyak saham yang naik.

Secara teknikal, market masih terlihat sedang berkonsolidasi dan masih akan terkoreksi. Namun berhubung minggu depan sudah mendekati penutupan tahun, makanya tidak tertutup kemungkinan adanya window dressing. Hal ini bisa dilihat dari saham-saham lapis dua dan tiga yang sudah mendahului minggu ini.

Bagi investor yang masih memegang saham lapis dua dan tiga dengan harga yang relatif tinggi, ini merupakan saat yang tepat untuk menjual dengan harga yang lebih baik, karena biasanya nanti awal tahun harga-harga saham lapis bawah tersebut akan turun lagi.

Market 22 Desember 2008

AALI - SELL INTO STRENGTH
ANTM - BUY ON WEAKNESS
ASII - TRADING BUY
BBCA - SELL INTO STRENGTH
BBRI - SELL INTO STRENGTH
BDMN - SELL INTO STRENGTH
BMRI - SELL INTO STRENGTH
BUMI - BUY ON WEAKNESS
INDF - BUY ON WEAKNESS
INCO - BUY ON WEAKNESS
LSIP - SELL INTO STRENGTH
PGAS - BUY ON WEAKNESS
PTBA - BUY ON WEAKNESS
TINS - SELL INTO STRENGTH
TLKM - BUY ON WEAKNESS
UNSP - BUY ON WEAKNESS
UNTR - SELL INTO STRENGTH

WATCH FOR : CTRA/CTRP

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE