Tuesday, December 16, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 16, 2008

MARKET MEMANG HANYA "REBOUND" SESAAT SAJA !!!

Seperti ditulis kemarin, market naik, tapi jangan sampai terperangkap ! Ternyata benar, hari ini market malah dibuka langsung turun 6 point, terus melorot turun terendah sampai 25 point, tetapi akhirnya ditutup sedikit menguat, minus 16 point di level 1342.

Jika dilihat perdagangan pada hari ini, ternyata kenaikan indeks kemarin hanya sesaat, membonceng momentum penurunan BBM oleh pemerintah. Makanya market melanjutkan trend penurunannya kembali pada hari ini.
Namun hari ini masih juga ada beberapa saham yang naik, tetapi mayoritas saham big cap memang turun kembali walau pun tidak terlalu dalam, sehingga market juga tidak turun terlalu tajam.

Secara long term, sebenarnya penurunan harga BBM oleh pemerintah memiliki dampak yang positif terhadap perekonomian, di antaranya : tekanan terhadap inflasi akan berkurang, berikutnya adalah terbukanya peluang untuk menurunkan suku bunga, pencairan kredit ke sektor riel sehingga bisa bergerak kembali. Pada akhirnya akan menambah revenue buat perusahaan, sehingga earning per share akan bertambah juga, dampaknya adalah harga saham akan menjadi naik kembali.

Namun secara short term trading, secara teknikal, market masih akan konsolidasi dulu sebelum melanjutkan kenaikannya kembali.
Khusus hari-hari terakhir Desember, biasanya akan ada window dressing yang dilakukan oleh emiten-emiten untuk mempercantik sahamnya di market, sehingga harga-harga saham akan bergerak kembali.

Untuk perdagangan besok, kelihatan market masih akan melemah, jika menguat pun, harus digunakan momentum tersebut untuk profit taking.

Market 17 Desember 2008

AALI - SELL INTO STRENGTH
ANTM - SELL INTO STRENGTH
ASII - BUY ON WEAKNESS
BBCA - BUY ON WEAKNESS
BBRI - SELL INTO STRENGTH
BDMN - BUY ON WEAKNESS
BMRI - SELL INTO STRENGTH
BUMI - SELL INTO STRENGTH
INDF - BUY ON WEAKNESS
INCO - BUY ON WEAKNESS
LSIP - BUY ON WEAKNESS
PGAS - SELL INTO STRENGTH
PTBA - SELL INTO STRENGTH
TINS - TRADING BUY
TLKM - SELL INTO STRENGTH
UNSP - SELL INTO STRENGTH
UNTR - SELL INTO STRENGTH

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE