Friday, September 30, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 30, 2011

OOPS, THERE IS NO WINDOW DRESSING !

Ternyata hari ini market berlalu dengan flat, tidak ada tanda-tanda sebagai hari terakhir kwartal ketiga, yang biasanya terjadi window dressing. Walau pun dari pembukaan sampai dengan penutupan index naik dan turun, bahkan sempat juga turun hampir 14 point pada sesi pertama, sesudah itu naik kembali dan sepanjang sesi 2, market masih didominasi oleh index yang bergerak di teritori positif dan hanya turun sedikit menjelang penutupan sesi 2, namun akhirnya market ditutup naik 11 point di level 3549.

Hari ini, yang tercatat dimarket adalah volume 6.3 miliar lembar saham dengan value 12.1 T rupiah, tetapi itu sudah termasuk 7.7 T rupiah yang merupakan crossing saham Matahari DEpartment Store. Jika transaksi tersebut dikeluarkan, maka transaksi hari ini adalah volume sebesar 3.4 miliar saham dengan value sebesar 4.4 T rupiah.
Jumlah saham yang naik 94, yang stagnan 69 saham dan yang turun 117 saham.

Market hari ini : open 3537, high 3579, low 3523, close 3549

Sebenarnya market sempat kuat di awal-awal perdagangan sesi pertama, bahkan sempat naik tertinggi 42 point, tetapi karena pengaruh regional market, index kembali melempem dan berangsur-angsur turun kembali, hingga minus, walau pun akhirnya bisa rebound kembali, namun tidak memiliki kekuatan yang solid untuk tetap mempertahankan kenaikan index.

Hari ini kenaikan index malah didominasi oleh sektor consumer goods, yang naik sebesar 37 point, disusul oleh sektor perkebunan yang naik 28 point. Selebihnya, perdagangan & servis, aneka industri, infrastruktur dan keuangan, masing-masing turun sedikit-sedikit.

Dengan data perdagangan pada hari ini, dimana kenaikan yang terjadi tidak disertai dengan market depth yang tinggi, ini menandakan ketiadaan energi untuk mensupport naiknya index. Apalagi volume yang terjadi juga tidak mendukung kenaikan tersebut. Jadi untuk perdagangan SEnin yang akan datang, kelihatannya Investor akan siap-siap untuk melakukan aksi profit taking dulu. Kecuali jika ada perubahan yang drastis di regional market, yang bisa membuat adanya aliran kekuatan dari pembeli yang besar dan kuat, barulah Index bisa menguat.

Market 3 Oktober 2011

ASII - SELL INTO STRENGTH
Setelah naik 3 hari berturut-turut, hari ini ASII mulai memasuki masa jenuh beli, sehingga mulai terjadi profit taking.

BMRI - BBRI - SELL INTO STRENGTH
Kedua saham tersebut sudah mulai memasuki masa jenuh beli juga, sehingga mulai terjadi profit taking terhadap kedua saham tersebut.

BBNI - SELL INTO STRENGTH
Berbeda dengan saham BMRI dan BBRI, BBNI masih memiliki kekuatan untuk bertahan dan ditutup di harga atas, namun seperti juga kedua saham di atas, BBNI pun mulai memasuki masa jenuh beli, jadi akan ada profit taking yang tejadi juga

MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : BUMI - ELTY - BDMN

SPECULATIVE TRADING : INDF - UNSP - ANTM - INTA - APLN - SMCB - PTBA

happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE