Tuesday, September 13, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 13, 2011

WHAT A VOLATILE INDEX !

Andai saja ada Investor yang ingin melakukan day trading pada hari ini, pasti akan terjadi rugi besar, karena market sungguh tidak bersahabat pada hari ini. Dibuka dengan gagah perkasa, dari plus 7, langsung menuju angka 18 point, bahkan naik tertinggi 33 point di level 3929 dalam setengah jam pertama trading sesi satu.

Market masih tetap berada di area positif pada pembukaan sesi kedua, sampai dengan 1 jam pertama perdagangan sesi 2 market masih lebih banyak berada di area positif, barulah mulai sekitar jam 14.40 siang, market mulai melorot terus dan minus terdalam 41 point di level 3855. Index hari ini ditutup minus 21 point di level 3874.7.

Walau pun market hari ini ditutup minus, namun masih ada 2 sektor industri yang bertahan di area positif hari ini, yaitu sektor perkebunan dan consumer goods. Sedangkan sektor lain mengalami perubahan arah, sektor perdagangan dan jasa minus 8 point, financial 5 point dan infrastruktur minus 4 point.

Hari ini, market diperdagangankan dengan volume sebesar 3.7 miliar lembar saham, dengan value sebesar 3.3 T rupiah. Sebanyak 105 saham naik harganya, 105 tetap dan 114 saham yang turun harganya.

Market hari ini : open 3896, high 3929 low 3855 close 3874

Untuk market besok, berdasarkan hasil trading hari ini, masih mengindikasikan penurunan lebih lanjut. Berdasarkan garis fibonaci retracement, level low hari ini merupakan 38% retracement dan jika menggunakan 50% retracement, maka akan sampai ke level disekitar 3800. Namun, apakah market akan terkoreksi sampai begitu jauh ? Yang jelas, sebelum sampai ke sana, masih ada tahanan index di level 3830 yang merupakan support terdekat.

Secara teknikal, bisa saja diambil kesimpulan berdasarkan support resistence level, namun jika market Amerika rebound nanti malam, regional market besok naik semua, maka bursa Indonesia pun juga akan rebound.
Jadi analisa teknikal hanyalah penuntun saja, tetapi bukan segala-galanya.

Market 14 September 2011

ASII - TRADING SELL
Hampir menyerupai pola perdagangan kemarin, hanya saja kemarin ASII ditutup di level atas, namun hari ini ditutup di level bawah dari harga pembukaannya, menandakan tiadanya kekuatan beli yang mendukung kenaikannya, sehingga akhirnya ASII ditutup turun.

BMRI - BUY ON WEAKNESS
Walau pun turun, BMRI masih boleh dikatakan cukup seimbang antara penjual dan pembeli, walau pun juga ditutup di bawah harga pembukaannya. Bisa saja besok masih akan bergerak turun sedikit, namun sewaktu-waktu bisa saja terjadi pembalikan arah.

BBRI - BUY ON WEAKNESS
BBRI hari ini sempat menyentuh level support di level 6.350, jika besok bisa bertahan di atas harga tersebut, maka masih ada peluang untuk rebound kembali.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Sementara ini BBNI masih mengalami konsolidasi, turun juga tidak terlalu dalam, tetapi karena kondisi market, juga tidak naik terlalu tinggi. Karena itu, sebaiknya buy on weakness dulu.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : ITMG - AALI - ADRO - INDF

TRADING BUY : GGRM - UNSP - COWL

SPECULATIVE TRADING : JSMR - ELTY - KRAS

happy bargain hunting

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE