Tuesday, September 20, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 20, 2011




IS IT A HAMMER ?

Secara teknikal, menurut istilah dari Japanese Candle Stick, pattern grafik yang terjadi hari ini bisa disebut Hammer, yaitu bentuk grafik dengan kaki panjang dan badan kecil. Biasanya Hammer menandakan market reversal dan dikonfirmasikan pada kenaikan index hari berikutnya. Hammer terjadi setelah sekian hari penurunan terus-menerus dan diakhiri dengan bentuk grafik seperti ini.

Index hari ini, masih terpengaruh oleh regional, dibuka langsung minus 21 point, lalu 35 point dan ditutup minus 68 point di sesi pertama. Sesi 2, index turun lebih dalam lagi, 81 point di level 3673. Namun penurunan index lebih dalam di sesi 2 hanya berlangsung selama 1 jam perdagangan saja, karena sesudah itu market mulai rebound dan akhirnya ditutup "hanya" minus 2.9 point di level 3752.

Dari gambar grafik bisa terlihat, Index mulai turun sejak tanggal 9 September 2011, selama 5 hari, lalu rebound 1 hari pada tanggal 16 September 2011 dan turun lagi kemarin, barulah hari ini market ditutup dengan kondisi reversal ke atas.

Market hari ini : open 3754 high 3754 low 3673 close 3752

Hari ini ada 2 sektor industri yang berhasil rebound, yaitu sektor aneka industri dan sektor keuangan, sedangkan sektor-sektor yang lain, walau pun sempat rebound, tetapi masih berada di teritori negatif.
Sebanyak 104 saham ditutup naik hari ini, 94 saham stagnan dan 128 saham turun harganya, dengan volume trading sebanyak 4.1 miliar lembar saham dan value trading sebesar 4.7 T rupiah.

Berdasarkan data-data trading hari ini, maka besok seharusnya market akan mengalami resersal, apalagi jika didukung oleh regional market yang juga naik.

Market 21 September 2011

ASII - TRADING BUY
Seperti Index, ASII juga ditutup dengan pola hammer, yang menandakan adanya resersal untuk perdagangan besok.

BMRI - BBRI - BBNI - TRADING BUY
Ketiga-tiga saham perbankan tersebut memiliki pola yang hampir mirip, dibuka dengan gap ke bawah, terus turun ke level terendah, namun berhasil ditutup dengan harga penutupan atas.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : GGRM - PTBA

TRADING BUY : BBTN - INDF - SMGR - BDMN - ITMG - ENRG - KIJA - ELTY - BKSL - IPOL - PGAS - ADMG - BORN

SPECULATIVE TRADING : DEWA - ASRI - BUMI - BSDE - UNSP - SIPD - BBKP - LPCK - BBCA - COWL

happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE