Wednesday, May 30, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 30, 2012

MARKET STILL FLAT TO HIGHER !

Hari ini market masih belum bergerak ke mana-mana, dibuka dengan minus 7 point, lalu sempat minus hingga 22 point dalam 5 menit perdagangan, namun kemudian Index mulai mengalami perbaikan, hingga sesi 1 ditutup hanya minus 8 point di level 3910.

Sesi 2 dibuka masih dengan minus, walau pun tidak banyak, bahkan Index sempat berubah menjadi positif, naik 3.5 point, namun akhirnya berubah lagi menjadi minus dan ditutup minus 1 point di level 3917.

Market hari ini : open 3911 high 3922 low 3896 close 3917

Volume dan value trading hari ini juga tidak berubah banyak, hanya meningkat sedikit dibandingkan kemarin, dengan volume trading 3 miliar saham yang diperdagangkan, dengan value sebesar 3.6 T rupiah. Saham yang naik ada 59 saham, yang tidak berubah ada 71 saham dan 196 saham turun harganya.

Hari ini sektor industri yang naik melebihi sektor yang turun, namun karena kenaikan dan penurunannya tidak seimbang, membuat Index tetap ditutup dengan negatif. Sebanyak 6 sektor industri naik, dibanding dengan 4 sektor yang turun. Sektor yang naik, dipimpin oleh sektor Perkebunan, naik 17 point, menyusul Aneka INdustri naik 11 point, Infrastruktur naik 8 point, Industri Dasar, naik 4 point, Manufaktur naik 2 point dan sisanya naik dibawah 2 point. Sedangkan yang turun, Pertambangan, turun 36 point, (bandingkan dengan Perkebunan yang naik hanya 17 point), Konsumer, turun 11 point, Perdagangan dan Properti masing-masing turun 5 dan 4 point.

Walau pun hari ini Index masih minus, namun hari ini merupakan hari kedua setelah kenaikan yang tinggi 2 hari yang lalu. Kemarin dan hari ini, Index bergerak dalam range yang sempit, dengan volume yang tipis juga. Hal ini jika tidak gagal atau terjadi false signal, bisa disebut  Rising Two Method. Dimana Candle hari pertama naik tinggi, disusul dengan 1 atau 2 atau  3 candle berikutnya yang kecil dan volume tipis, selanjutnya akan disusul dengan reversal di hari berikutnya.




 RISING THREE METHOD






Jika pola ini berlaku, maka seharusnya besok Index akan rebound, ditandai dengan penembusan level 3927 dan disertai dengan volume yang massive.

Market 31 Mei 2012

ASII - TRADING BUY
Akhirnya, ASII berhasil keluar dari tekanan jual dan mulai bergerak naik kembali. Dari perdagangan hari ini terlihat bahwa Buyer berhasil menarik harga ke atas, dari level low nya.

BMRI - SPECULATIVE TRADING BUY
BMRI juga hari ini dapat melepaskan diri dari tekanan jual, bahkan batang candle berhasil membungkus penurunan kemarin. Namun sementara ini BMRI masih belum memiliki arah trend yang lebih jelas, sehingga untuk sementara ini sebaiknya hit and run dulu.

BBRI - TRADING BUY
Apalagi jika besok harga bisa langsung bergerak di atas 5950/6000, berarti side ways yang berjadi seminggu terakhir ini akan berubah menjadi Up Trend. 

BBNI - TRADING BUY
Hari ini BBNI berhasil ditarik oleh Buyer ke harga tertinggi, dari harga terendahnya, menunjukkan bahwa kekuatan Seller sudah dapat ditaklukkan, sehingga harga akan bergerak naik kembali.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : ASRI - ADRO

TRADING BUY : SIMP - PTBA

SPECULATIVE TRADING : KIJA -KLBF - TOTL - BBCA - INDF - SMGR - ITMG

happy trading


caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment


No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE