Monday, May 28, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 28, 2012

LIGHT AT THE END OF THE TUNNEL ?

Seperti ditulis Jumat lalu, bahwa ada kemungkinan hari ini Index akan mencoba level Fibonaci Retracement di level sekitar 3850. Dan memang hari ini Index mencapai low nya di level tersebut ! Level 3850 merupakan 38% Fibonaci retracement, jika kuat, maka Index akan bertahan dari penurunan lebih lanjut, tetapi jika tidak, maka akan meluncur ke level berikutnya, 50% retracement.

Hari ini, Index dibuka dengan penurunan 25 point, lalu terendah 52 point di level 3850 pada setengah jam pertama perdagangan, kemudian market perlahan-lahan mulai membaik hingga akhirnya sesi 1 ditutup dengan minus 9 point di level 3893.

Sesi 2 dibuka, market masih negatif, namun hanya berlangsung sekitar 15 menit, karena sesudah itu market rebound dan bergerak dalam teritori positif sepanjang sisa perdagangan sesudah itu. Bahkan Index sempat menyentuh kenaikan tertinggi harian, naik 25 point di level 3927. Akhirnya sesi 2 Index ditutup naik 16 point di level 3918.

Market hari ini : open 3877 high 3927 low 3850 close 3918

Walau pun hari ini market berhasil rebound, namun tidak dengan volume yang signifikan sekali. Volume trading hari ini hanya sebanyak 2 miliar lembar saham, dengan value trading sebesar 2.5 T rupiah. Sedangkan saham-saham yang bergerak hari ini, 120 saham naik harganya, 99 saham tidak berubah dan 106 saham turun harganya.

Sektor industri pun hampir semuanya naik, kecuali sektor Pertambangan yang turun 10 point dan sektor Konsumer yang turun 1 point, selebihnya, sektor-sektor industri yang lain masih bergerak naik, dengan sektor Perkebunan, naik 10 point, Aneka Industri, naik 9 point, Infrastruktur, naik 5 point, Perdagangan, naik 4 point dan lain-lainnya naik dalam range 3 - 2 point.

Dengan penutupan hari ini, membuka peluang Index untuk bergerak naik kembali, apalagi dengan mencoba level support garis Fibonaci 3850 pada hari ini dan kemudian rebound kembali, membuat level support tersebut menjadi cukup valid. Lebih kuat lagi, kalau disertai juga dengan volume yang signifikan. Setidaknya hasil perdagangan hari ini, Index berhasil keluar dari tekanan jual dan bisa bergerak naik kembali.
Karena itu, untuk perdagangan besok, jika Index tetap bisa dipertahankan dan bergerak positif, maka kekuatan pembeli akan lebih solid.

Market 29 Mei 2012

ASII - TRADING BUY
Setelah tertekan hingga 64250, ASII bisa fight back dan bahkan ditutup di harga atas, 66000, mengindikasikan adanya kekuatan beli yang masuk dan dapat menarik harga ke atas kembali.

BMRI - SIDE WAYS TO HIGHER
Pergerakan BMRI hari ini cukup fluktuatif, di buka di harga low, 6650, lalu naik hingga 7200, namun akhirnya ditutup di 7050, masih menandakan adanya tarik-menarik antara pembeli dan penjual, walau pun pembeli lebih mendominasi. Volume hari ini juga menipis, dibandingkan dengan hari sebelumnya.

BBRI - SIDE WAYS TO HIGHER
Hari ini BBRI hanya bergerak dalam kisaran harga sempit, yang bisa diartikan berkurangnya tekan jual, sehingga peluang kenaikan akan lebih besar.

BBNI - TRADING BUY
Walau pun tidak disertai dengan volume besar, namun BBNI hari ini bisa mempertahankan kenaikannya dan tetap ditutup di level harga high, membuka peluang untuk kenaikan lagi.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : SIMP

TRADING BUY : ADRO - TLKM - PGAS - BBCA - JSMR - BWPT - BJBR - UNTR - INDF

SPECULATIVE TRADING : ENRG - BKSL - KIJA - BSDE - RALS

happy trading

 caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE