Wednesday, December 7, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 7, 2011

A NEW TRADING SEASON !

Ternyata pola yang terjadi hari ini sedikit melenceng dari kebiasaan, dimana seharusnya hari ketiga market akan naik, tetapi ternyata market naik pada hari keempat, yaitu hari ini.
Kelihatannya ada "The Invisible Hands" yang menopang market, sehingga tidak turun pada hari ini. Hal ini pun sesuai dengan trend regional market yang hampir semuanya bergerak dalam kondisi positif.
Jadi perkiraan bahwa market akan naik kemarin, ternyata delay satu hari, menjadi hari ini, walau pun syarat untuk terpenuhinya kenaikan tersebut, yaitu volume yang besar, tidak didukung oleh kenaikan pada hari ini. Karena hari ini volume yang ditransaksikan juga tidak terpaut banyak dengan kemarin, hari ini volume yang berpindah tangan sebanyak 4 miliar saham, dengan value sebesar 5 T rupiah. Itu pun sudah termasuk crossing saham AMRT sebesar 1.5 T rupiah.

Hari ini market dibuka dengan moderat, naik 12 point pada pre opening dan kemudian naik lagi 14 point waktu pembukaan sesi pertama, lalu naik tertinggi 21 point, walau pun kemudian melorot lagi sehingga sesi satu ditutup hanya naik 6.9 point di level 3759.

Saham-saham yang naik hari ini ada sebanyak 159 saham, yang tidak berubah sebanyak 84 saham dan yang turun ada 57 saham.
Sektor-sektor penggerak market hari ini terdiri dari : Sektor Pertambangan menyumbang 22 point, Aneka Industri naik 20 point, perkebunan naik 16 point, Perdagangan naik 12 point, Manufaktur naik 10 point dan lain-lainnya dalam kisaran 1 sampai 6 point.

Market hari ini : open 3753 high 3793 low 3753 close 3793

Dengan kondisi kenaikan index hari ini, membuat pergerakan market besok menjadi terbuka peluang untuk melanjutkan kenaikannya. Walau pun secara stochastic sudah memasuki jenuh beli, sehingga risknya akan lebih besar. Jadi strategi yang diterapkan lebih baik tetap Hit and Run. Untuk saham-saham yang sudah in the money, lebih baik profit taking dulu.
Sebab, walau pun market bergerak naik, namun kenaikannya akan lebih terbatas. Adalah baik bagi market untuk koreksi dulu, barulah kemudian melanjutkan kenaikannya kembali.

Market 8 Desember 2011

ASII - TRADING BUY
Pergerakan saham ASII hari ini yang kuat dan bahkan menembus harga tertingginya di 72.000, bahkan ditutup di harga tertinggi, 72.950, membuka peluang untuk bergerak naik, walau pun sudah harus lebih berhati-hati karena mulai masuk ke area over bought.

BMRI - BUY ON STRENGTH
Jika besok BMRI bisa dibuka di harga penutupan hari ini atau lebih tinggi, maka peluang untuk naik lebih tinggi juga terbuka, jika tidak, maka harus Sell.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
4 hari berturut-turut BBRI tidak bisa menembus harga 6.750, jika besok masih juga tidak bergerak di atas harga tersebut, maka peluang untuk turun akan terbuka, Sell.

BBNI - SELL INTO STRENGTH
BBNI hari ini berusaha naik ke atas, namun belum didukung oleh volume yang besar, sehingga kekuatannya belum cukup untuk mendorong BBNI naik lagi.

MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : LSIP - INTP

SPECULATIVE TRADING : JSMR - BUMI - IGAR - AKRA - AISA - MASA - LPCK - CMNP

HIGH SPECULATIVE TRADING : SSIA - BHIT - BMTR

happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE