Tuesday, December 20, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 20, 2011

SECOND DAY OF CONSOLIDATION !

Market hari ini masih mengalami konsolidasi, setelah dibuka menguat pada sesi pertama, namun sesi dua melorot turun dan ditutup di area negatif.
Index dibuka naik 12 point pada pre opening, lalu naik 14 point pada pembukaan sesi pertama, dan naik tertinggi, 19 point, tetapi kemudian melorot dan ditutup minus 1.3 di level 3768 di sesi pertama.

Sesi 2 market mulai menurun terus, sampai minus terdalam, 25 point di level 3745 dan akhirnya ditutup minus 17 point di level 3752.

Market hari ini : open 3770 high 3789 low 3745 close 3752

Yang aktif ditransaksikan hari ini adalah saham-saham second dan third liner, makanya dengan volume transaksi sebesar 5.9 miliar saham, value trading hanya sebesar 3.7 T rupiah. Sebanyak 79 saham naik harganya, 84 tidak berubah dan 137 saham turun harganya.

Sektor industri yang menarik index turun, di antaranya, Pertambangan, turun 24 point, Konsumer 9 point, Perdagangan 8 point dan lain-lainnya, turun dalam range 7 - 1 point. Hari ini hanya ada 2 sektor industri yang naik, yaitu sektor Keuangan dan sektor Perkebunan yang masing-masing naik 1 point.

Dengan hasil perdagangan hari ini, yang merupakan hari kedua dari konsolidasi market, membuka peluang market untuk bergerak naik pada perdagangan besok hari, yang merupakan hari ketiga, yang biasanya bergerak naik, setelah 2 hari konsolidasi.
Jika besok market bergerak turun lebih rendah dari 3745, maka berarti terjadi false signal, artinya market malah akan mengalami koreksi lagi.

Market 21 Desember 2011

ASII - BUY ON STRENGTH
Hari ini ASII gagal mempertahankan kekuatan naiknya, sehingga ditutup di harga low. Karena itu, jika besok harga bisa bergerak ke atas, barulah confirm Buy. Jika tidak, sementara akan konsolidasi, side ways.

BMRI - SELL ON STRENGTH
4 hari berturut-turut BMRI bergerak naik, namun 2 hari terakhir naik dengan volume yang lebih mengecil, hal ini bisa menandakan berkurangnya kekuatan beli secara gradual, sehingga akan rentan terjadi profit taking.

BBRI - SPECULATIVE TRADING
BBRI berusaha untuk bergerak naik, dengan kekuatan volume yang mendukung, namun karena sudah berada di area over bought, jadi kenaikannya akan lebih terbatas, karena akan dibayang-bayangi oleh aksi profit taking juga.

BBNI - SPECULATIVE TRADING
2 hari berturut-turut BBNI mengalami stagnasi, dibuka dan ditutup di harga sama, namun dengan harga yang semakin meninggi, menandakan adanya kekuatan yang berusaha untuk mempertahankan kenaikan harganya.


MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : AISA – ADRO - HRUM

SPECULATIVE TRADING : BIPI – ASRI – PGAS

Happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE