Thursday, December 1, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 1, 2011

DON'T BE TRAPPED BY MARKET EUPHORIA !

Akibat kenaikan yang tinggi dari index Dow Jones di Amerika kemarin, hari ini hampir seluruh index kawasan regional bergerak dalam teritori positif dan ditutup menguat, tidak terkecuali Index Bursa Efek Indonesia.
Dibuka naik 62 point waktu npre opening dan langsung melejit lagi naik 82 point pada pembukaan sesi pertama, kemudian sempat naik tertinggi, 96 point di level 3811 dan ditutup naik 90 point di level 3805 pada penutupan sesi 1.

Memasuki sesi 2, market mulai sedikit mengendur dan akhirnya ditutup plus 66 point di level 3781, masih di bawah level psikologis 3800.

Market hari ini : open 3715 high 3811 low 3715 close 3781

Hari ini market cukup ramai, dengan volume transaksi sebanyak 4.5 miliar lembar saham yang berpindah tangan, dengan value trading sebesar 5.3 T rupiah. Sebanyak 173 saham naik harganya, 77 tidak berubah dan ada 54 saham yang turun harganya.

Sedangkan sektor-sektor penggerak Index adalah : Sektor Pertambangan naik 67 point, sektor Perdagangan naik 19 point, Infrastruktur naik 12 point, sektor Perkebunan naik 11 point dan sektor lainnya di bawah 10 point. Kenaikan terendah hari ini disumbangkan oleh sektor Konsumer dan Properti, yang hanya naik sebesar 4 point.

Dengan hasil perdagangan hari ini, membuka peluang Index untuk bergerak naik lagi pada perdagangan esok hari, walau pun untuk besok akan mulai dibayang-bayangi oleh aksi profit taking, mengingat market sudah naik berturut-turut selama 4 hari.
Level resistensi yang paling dekat adalah level 3833 yang merupakan level tertinggi pada tanggal 14 dan 15 Nopember yang lalu. Sedangkan yang agak jauh, Index akan mencoba level yang lebih tinggi di level 3859 dan 3875.

Market 2 Desember 2011

ASII – SELL INTO STRENGTH
ASII hari ini dibuka dengan gap up, tetapi tidak dapat mempertahankan kenaikannya, sehingga ditutup di harga bawah. Ini menandakan tiadanya kekuatan untuk bergerak naik. Karena itu jika tidak Sell on Strength, bahkan bisa saja terjadi langsung bergerak turun.

BMRI – TRADING BUY
Setelah terkonsilidasi kemarin, hari ini BMRI naik kembali, namun masih belum dengan kekuatan yang penuh, jadi untuk perdagangan besok, jika turun, buy on weakness, namun jika bergerak naik, masih boleh Trading Buy

BBRI – SELL INTO STRENGTH/TRADING SELL
Setelah dibuka dengan gap up, namun BBRI tidak bisa mempertahankan kenaikannya, sehingga akhirnya harus ditutup di harga bawah. Ini membuat peluang besok untuk menutup gap nya menjadi terbuka. Jadi jika BBRI naik, sell on strength dan jika tidak kuat, malah harus jual dulu.

BBNI –SELL INTO STRENGTH
BBNI hari ini bukan saja bisa diperdagangkan di atas harga 3.800, malah dibuka dengan gap up juga, bahkan gap dengan selisih 200 point/Rp. 200, namun pergerkan yang terlalu extreme biasanya akan mengundang aksi profit taking, sehingga untuk BBNI harus waspada. Don’t be greedy.

MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : AKRA – INDF – UNTR – ITMG - HRUM

SPECULATIVE TRADING : BKSL – ELTY – BUMI – SSIA – PGAS – BBKP – BSDE – KRAS – BRMS – BBTN – PWON – AISA

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE