Friday, December 2, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 2, 2011

A MINOR CORRECTION !

Perdagangan saham hari ini, di samping lebih sepi, juga lebih lambat jalannya. Dibuka dengan minus 3 waktu pre opening dan minus 7 waktu pembukaan sesi pertama dan turun dengan angka yang moderat, sekitar 21 point. Sesi 1 akhirnya ditutup minus 14 point di level 3766.
Sesi 2 juga masih turun dengan angka moderat minus sekitar 24 point dan akhirnya ditutup tinggal minus 1 point di level 3779.

Pergerakan index hari ini juga menunjukkan bahwa para investor masih ragu-ragu atau wait and see, belum terlalu berani untuk masuk kembali ke market, setelah kenaikan yang cukup tinggi kemarin. Hal ini juga dapat menandakan bahwa market sedang pause untuk sementara atau market mengalami koreksi atau konsolidasi sehingga menemukan equilibrium baru. Namun pergerakan index yang mengalami kenaikan selama 4 hari berturut-turut akan mengundang aksi profit taking yang memang merupakan suatu tindakan yang wajar di pasar modal.
Indikator Stochastic juga menunjukkan index mulai memasuki area ober bought, jadi investor juga mulai berhati-hati jadinya.

Market hari ini : open 3781 high 3781 low 3757 close 3779

Penutupan Index hari ini di level 3779 juga masih berada di atas level psikologis 3700, sehingga jika support ini tidak ditembus, maka Index masih memiliki peluang untuk bergerak naik lagi.

Sektor-sektor industri yang ada juga bergerak secara mixed hari ini, Sektor Pertambangan masih naik 15 point, Industri dasar masih naik 3 point, sedangkan yang turun, Konsumer turun 5 point, Aneka Industri turun 5 point, Infrastruktur turun 4 point dan sektor-sektor lainnya, turun dan naik dalam kisaran plus minus 2 point.

Hari ini volume market juga menyusut, dengan volume trading sebanyak 2.6 miliar saham yang diperdagangkan, dengan value trading sebesar 2.4 T rupiah. Sedangkan saham yang naik ada 96 saham, 102 tidak berubah dan 83 saham turun harganya.

Untuk perdagangan hari Senin, kecuali harus menunggu pergerakan index Dow Jones dan regional, bisa saja terjadi beberapa skenario.
1. Hari ini merupakan hari pertama koreksi, jika market kuat, hari kedua akan langsung naik.
2. Jika market masih konsolidasi, maka hari kedua masih akan turun, tetapi seperti hari pertama atau hari ini, tidak akan turun terlalu dalam atau melebihi low kemarin, yaitu di level 3715 dan juga dengan volume yang tetap kecil. Jika ini yang terjadi, biasanya hari ketiga market akan naik dan dengan volume yang lebih besar dan akan menembus level tertinggi kemarin di level 3811.
3. Jika skenario 1 dan 2 tidak terjadi, maka market akan turun kembali, dengan volume yang besar, yang menandakan adanya tekanan jual dan akan menembus support sementara di level 3715.

Market 5 Desember 2011

ASII - SELL INTO STRENGTH
Jika skenario pertama dan kedua yang terjadi, maka Sell into Strength untuk ASII, jika skenario ketiga yang terjadi, maka ASII berubah menjadi Trading Sell.

BMRI - BUY ON STRENGTH
Jika BMRI bisa bergerak ke atas 6.700, maka Buy, tetapi jika tidak bisa bergerak di atas 6.700, untuk sementara Trading Sell dulu.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Gap yang terjasi kemarin akan ditutup, berapa lama, tergantung. Namun melihat bentuk grafik yang ada, seharusnya dalam 1 atau 2 hari ini akan terjadi penutupan gap tersebut.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Hari ini BBNI masih berusaha untuk menembus level 3950, tetapi belum berhasil, sedangkan stochastic sudah memasuki area over bought, jadi sebaiknya jual dulu, sambil menunggu BBNI terkoreksi lagi.

MORE TRADING IDEAS

TRADING BUY : LPCK - CPIN

SPECULATIVE TRADING : BKSL - ASRI - BUMI - BBKP - HRUM

happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE