Thursday, December 22, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 22, 2011

PAUSE FOR A WHILE !

Setelah naik kemarin, hari ini market kembali mengalami konsolidasi, walau pun dengan volume yang lebih besar dibandingkan dengan kemarin. Hari ini market diperdagangkan dengan volume sebesar 9.7 miliar saham, dengan value sebesar 3.6 T rupiah. Jika melihat besaran antara volume dan value, bisa disimpulkan bahwa yang aktif ditransaksikan pada hari ini adalah saham-saham dengan market cap kecil. Volume trading besar, tapi valuenya kecil.

Hari ini market cukup berfluktuatif dalam range yang sempit, dibuka minus 3 point di sesi pertama, lalu naik 4 point lebih dan turun lagi dalam range minus 5 point, barulah mulai jam 10.40 index mulai lebih stabil, naik 2 point dan terus berada di area positif, sampai ditutup naik 3 point di level 3798.

SEsi 2 dibuka dengan kenaikan 6 point dan mencapai kenaikan tertinggi, plus 9.8 namun juga sempat minus kembali hingga terdalam minus 14.8, walau pun akhirnya market sesi 2 ditutup naik 1 point di level 3795.

Market hari ini : open 3791 high 3804 low 3779 close 3795

Jumlah saham yang naik hari ini berjumlah 100 jenis saham, 88 saham yang stagnan dan 116 saham turun harganya. Sektor-sektor industri yang naik hari ini antaranya : SEktor Konsumer, naik 11 point, Perkebunan naik 11 point, Pertambangan naik 9 point, Aneka Industri naik 8 point, Manufaktur naik 7 point Industri Dasar naik 3 point, sedangkan yang minus, sektor Keuangan turun 4 point, Properti 2 point dan Perdagangan turun 2 point.

Dengan konsolidasi market hari ini, akan mengulangi pola yang terjadi sebelumnya, dimana Index naik tinggi di hari pertama, lalu 2 hari berikutnya terjadi konsolidasi, barulah hari ketiga market naik kembali. Jika pola ini yang terjadi, berati hari ini merupakan hari pertama konsolidasi, bisa saja besok langsung bergerak naik, atau besok masih konsolidasi, barulah hari ketiga indek bergerak naik.
Pola ini masih bisa disebut valid, sepanjang konsolidasinya tidak lebih rendah dari setengah dari badan candle, atau dalam pola sekarang, tidak lebih rendah dari 3773.
Jika koreksi lebih rendah dari level tersebut, berarti market akan koreksi.
Untuk naik juga, Index harus bergerak di atas level 3808.

Market 23 Desember 2011

ASII – SPECULATIVE TRADING
Walau pun naik cukup tinggi hari ini, bahkan melampaui harga 72.900, namun kenaiakan hari ini tidak disertai dengan volume yang cukup, sehingga akan rawan profit taking pada perdagangan besok.


BMRI – BBRI – BBNI - SELL INTO STRENGTH
Setelah mengalami penurunan hari ini, ada kemungkinan ketiga saham banking tersebut akan berusaha ditarik naik besok, namun sebaiknya momentum ini juga dipakai untuk melakukan profit taking, mengingat stochastic ketiganya sedang bergerak kea rah trading range.


MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : ADRO - CMNP

TRADING BUY : BKSL - INDY – HRUM – INDF – LSIP – AKRA – PTBA

SPECULATIVE TRADING : BTEL – ITMG


Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE