Wednesday, September 21, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 21, 2011

HOW LOW CAN YOU GO ?

Pola Hammer yang terbentuk kemarin ternyata gagal meneruskan kenaikannya pada hari ini. Market terlihat mengikuti pergerakan index regional, karena itu dari pembukaan pagi masih terjaga, range index adalah minus 5 - 30, bahkan sesi 1 Index ditutup minus 26 di level 3725. Barulah Sesi 2, begitu market London dibuka dan turun juga, maka market Indonesia langsung bereaksi dan mulai melorot turun. Index hari ini turun terdalam minus 64 point di level 3687 dan ditutup minus 54 di level 3697.

Investor terlihat sangat berhati-hati untuk masuk ke market, bahkan cenderung wait and see. Karena itu market berjalan agak lambat pada hari ini. Volume trading hari ini pun "agak kering", hanya sebesar 2.8 miliar lembar saham saja, dengan value trading sebesar 3.4 T rupiah. Volume yang tipis dibandingkan dengan value yang agak besar, menandakan saham-saham yang banyak ditransaksikan adalah saham dengan kapitalisasi besar. Sebanyak 188 saham yang turun harganya, 86 yang stagnan dan masih ada 45 saham yang naik harganya.

Market hari ini : open 3751 high 3752 low 3687 close 3697

3 Sektor yang paling dalam terkoreksi hari ini adalah sektor consumer goods, Aneka Industri dan sektor Perkebunan, yang turun di atas 20 point.

Seharusnya, jika market turun dengan volume yang tipis, maka ada kecenderungan market untuk rebound kembali, tetapi karena korelasi antara Index Indonesia dengan Index Regional, maka bisa saja terjadi anomali atau market berjalan mengikuti trend regional.

Dengan hasil perdagangan hari ini, membuat index berpeluang untuk turun lagi ke level terendahnya di 3670, atau lebih dalam lagi di level 3590.
Namun karena Index juga sudah berada dalam tekanan jual dan sudah berada di area over sold, maka sewaktu-waktu market bisa juga rebound.

Jadi untuk sementara ini, karena market masih belum ada trend yang pasti, maka strategi yang bisa dipakai adalah tetap hit and run, tunggu market turun sampai relatif dalam, perhatikan regional market, begitu ada tanda-tanda rebound, langsung hit saham-saham blue chip yang turun paling dalam. Begitu ada kenaikan, realisasikan dulu profit nya.

Market 22 September 2011

ASII - BUY ON WEAKNESS
Beli, terutama jika bisa bertahan di sekitar 63.400

BMRI - BUY ON WEAKNESS
Sama seperti ASII, BMRI harga masuknya adalah jika bisa bertahan 6100

BBRI - BUY ON WEAKNESS
BBRI harga masuknya adalah jika bisa bertahan 5950

BBNI - TRADING BUY
BBNI lebih memiliki tenaga untuk bergerak ke atas, apalagi jika didukung oleh market regional. Support sementara ada di 3800

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : KIJA - CFIN - INDF - SMGR - GGRM

TRADING BUY : BNBR - ASRI - SIPD - BDMN - BBTN - PTBA

SPECULATIVE TRADING : UNSP - BWPT - TLKM - MDLN

happy bargain hunting

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE