Monday, August 1, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 1, 2011

MARKET TOWARD 4200 !

Tinggal 7 point lagi dan Index kembali menyentuh angka psychologis, 4200 ! Fantastis ! Di tengah ketidak menentuan regional market, karena utang negara-negara maju di Amerika dan Eropah yang menyulut ketidak pastian global market, IHSG Indonesia malah masih bisa tetap berkibar dan mencetak rekor baru demi rekor baru !

Salah satu penyebab dari kekuatan market Indonesia adalah kinerja yang bagus dari sebagian besar emiten, baik yang sudah dipublikasikan untuk kinerja semester pertama mau pun proyeksi kinerja yang bagus sampai dengan semester 1 tahun depan. Untuk valuasi, sekarang Investor sudah memakai P/E rasio 2012, jadi apa yang kelihatan mahal saat ini, masih kelihatan murah sebagai refleksi dari pertumbuhan yang akan dicapai baik di semester kedua tahun ini mau pun semester pertama tahun depan.

Karena itu, seperti ditulis hari Jumat yang lalu, Index akan mengikuti gelombang-gelombang yang bergerak, sambil naik, ditarik ke bawah, naik lebih tinggi lagi dan seterusnya diulangi lagi secara terus-menerus, sampai tiba suatu titik di mana gelombang itu akan berbalik kembali, yang disebut dengan market reversal, saat itu, market akan mengalami yang sebaliknya, turun besar, diikuti dengan sedikit kenaikan, lalu turun lagi lebih dalam, naik sedikit, turun lagi dan seterusnya.

Mumpung market masih dalam kondisi bullish market, apa saja yang dibeli bisa menghasilkan profit, inilah waktunya untuk lebih aktif di pasar modal, sampai tiba satu titik, di mana bursa saham sudah terlalu tinggi, saatnya beralih dan memegang cash.

Hari ini market dibuka langsung naik 19 point di pre openning, lalu langsung melonjak naik 35 point pada pembukaan sesi pertama dan sepanjang hari perdagangan, index senantiasa berada dalam area positif dan terakhir ditutup di level highest, naik 62.6 point di level 4193.4.

Sebanyak 182 saham ditutup naik, 82 saham yang turun dan 86 saham ditutup dengan harga tidak berubah. Sektor Konsumen merupakan sektor yang naik paling tinggi hari ini, sedangkan satu-satunya sektor yang mengalami penurunan harga adalah sektor perkebunan.

Dengan hasil perdagangan saham hari ini, masih mengindikasikan akan menguatnya market pada esok hari, walau pun market sampai dengan saat ini memang masih berada pada area over bought. Karena itu, kenaikan index pun akan dibarengi dengan koreksi-koreksi minor yang sehat, sehingga Index sendiri akan berada di area trading range.

Market 2 Agustus 2011

ASII - SPECULATIVE TRADING BUY
ASII begitu dibuka langsung ditarik naik, tetapi kemudian terjadi profit taking dan turun sampai harga terendah, 69.800, namun kemudian berhasil ditarik naik kembali hingga ditutup di 71.650, lebih tinggi dari harga pembukaannya di 71.500.

BMRI - SPECULATIVE TRADING
BMRI berhasil melepaskan diri dari tekanan jual dan ditutup diharga tertinggi hari ini, 8.050. Sedangkan rekor high BMRI adalah 8.150, jadi jika BMRI tidak bisa melewati harga record high, Sell, sebaliknya jika besok bisa diperdagangkan di atas level tersebut, malah Buy

BBRI - SELL INTO STRENGTH
BBRI hari ini mengukir new record high, 7.200 dan juga ditutup di harga tertinggi tersebut. Biasanya sesudah mencapai rekor, akan ada koreksi dulu, sebelum nantinya bergerak kembali sesuai dengan trend nya.

BBNI - SELL INTO STRENGTH
Setelah naik tinggi 3 hari yang lalu di harga 4.500, 2 hari berikutnya BBNI berkutat di harga atas dengan volume mengecil. Hari ini pun naik ke new record high dengan volume kecil, hampir sama dengan 2 hari lalu. Jadi breaking new high tidak dengan volume yang signifikan, menunujukkan kurangnya kekuatan market, jadi sebaiknya sell dulu sambil mewaspadai masuknya volume yang lebih besar, barulah kenaikannya akan menjadi valid.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : BHIT

TRADING BUY : ELTY - MNCN - EKAD - SMGR - GGRM

SPECULATIVE TRADING : KIJA - ASRI - INTA - BORN - BUMI - UNSP - ADMG - TBLA - BSDE - CTRS - CTRP - TLKM - BBTN - BBCA - CSAP - ICBP


happy trading

caleb limuel
http://m-one.megaci.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE