Friday, July 29, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULY 29, 2011

WHAT A HEALTHY MARKET !

Akhirnya saat yang ditungu-tunggu tiba juga, adanya koreksi yang sehat untuk market Indonesia, sehingga bisa terjadi harga-harga keseimbangan baru. Jika merunut kepada "Elliot Wave" (banyak artikel mengenai Elliot Wave yang bisa dibaca di bagian akhir blog ini), market selalu mengalami gelombang-gelombang, ada gelombang 1, gelombang 2, gelombang 3, gelombang 4 dan gelombang 5. Masing-masing gelombang memiliki karakteristiknya sendiri. Pada dasarnya, The Elliot Wave Theory pun merupakan refleksi dari gelombang yang terjadi di alam, khususnya gelombang arus air di laut. Ada riak-riak kecil, lalu riak kecil, riak agak besar, riak besar, lalu gelombang besar dan kemudian terjadi pengulangan-pengulangan kembali terhadap fenomena alam tersebut.
Market yang sehat pun mengalami pengulangan-pengulangan seperti itu. Setelah naik tinggi, akan ada koreksi, lalu akan diikuti dengan kenaikan kembali, lalu koreksi kecil, sebelum akhirnya market naik lebih tinggi, dalam konteks bullish, atau market turun lebih dalam, dalam kondisi bearish.

Market hari ini masih sempat dibuka dengan kenaikan, tetapi itu hanya bertahan 15 menit pertama dari sesi perdagangan 1, kemudian mulai turun kembali dalan mencapai puncaknya, minus 43 di level 4102.8. Namun akhirnya market ditutup sesi 2 hanya minus 15 point di level 4130.8.

Total value transaksi hari ini pun masih cukup besar, 5.6 T, volume perdagangan sebesar 5.6 miliar lembar saham, 87 saham yang masih mengalami kenaikan, 187 saham yang turun dan 66 saham tidak berubah harganya.
Saham-saham yang menarik index turun masih disumbangkan oleh saham-saham big caps, sedangkan yang naik adalah saham-saham yang selama ini merupakan "saham tidur" dan saham-saham yang bobotnya tidak terlalu berpengaruh terhadap bobot index secara keseluruhan.

Menilik pergerakan index hari ini, beberapa indikator sudah menunjukkan koreksi lanjutan terhadap Index di hari berikutnya, karena itu, jika masih memiliki saham harga rendah, ada baiknya melakukan profit taking dulu dan menunggu lagi di bawah untuk mendapatkan harga murah. Jika tidak, tunggu saja market rebound untuk menjual di harga yang lebih tinggi.

Market 1 Agustus 2011

ASII - TRADING SELL
ASII sudah turun 2 hari berturut-turut dengan range yang agak lebar, menjadikan ASII ini walau pun menuju ke bawah, namun memiliki potensi untuk buy on weakness.

BMRI - TRADING SELL
Hari ini merupakan anti klimaks dari BMRI, karena hari ini laporan keuangan tengah tahunan BMRI dipublikasikan dengan performa yang bagus, tetapi biasanya market melakukan sell on news. Jadi menjelang publikasi berita, harga saham mulai naik dan saat terjadinyanya publikasi, disitulah investor menjual. Jadi untuk Senin, masih ada kemungkinan BMRI untuk bergerak turun kembali

BBRI - SPECULATIVE TRADING
Hari ini BBRI berusaha untuk menembus level tertingginya, 6.950, tetapi belum terlalu kuat, sehingga masih ditutup di bawah harga tertingginya, namun kelihatannya Senin akan berusaha kembali bergerak naik lebih tinggi lagi

BBNI - SELL INTO STRENGTH
2 hari BBNI tidak bergerak banyak, hari ini juga berusaha untuk menembus level tertingginya di 4.500, tetapi tidak kuat untuk bertahan. Volume yang terjadi juga lebih kecil dibandingkan dengan 2 hari lalu, ketika naik sampai harga tertinggi. Untuk BBNI, Sell, jika harga 4.500 tidak dapat ditembus, tetapi BUY jika harga 4.500 ditembus dengan volume yang signifikan besarnya

ICBP - TRADING BUY
ICBP ditutup di level resistensinya di harga 5.800, Buy jika harga bisa bertahan di atas 5.800. Jika terjadi koreksi harga, namun dengan volume tipis, maka tunggu satu sampai 3 hari, jika mulai bergerak naik dengan volume besar, tandanya confirm untuk naik, Buy

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : SMGR - GGRM - INTP - HRUM

TRADING BUY : BORN - BBCA

SPECULATIVE TRADING : TBLA - CTRA - CSAP - KLBF - EXCL

happy profit taking

caleb limuel
http://m-one.megaci.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE