Friday, August 26, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 26, 2011

HAVE A LONG WEEK END !

Hari ini merupakan hari terakhir trading di bulan Agustus. Rata-rata Investor sudah merasakan suasana libur panjang. Bahkan sebagian juga sudah berangkat liburan, entah mudik atau pun libur panjang sambil menikmati hasil keuntungan (?)

Transaksi saham hari ini pun tergolong sepi, namun market berhasil rebound dari minus 43 menjadi "hanya" minus 2.6 saja.
Memang market dari awal perdagangan sudah mengalami tekanan jual, mengikuti market regional yang sebagian besar turun pada hari ini. Dibuka minus 27 point waktu pre openning, lalu loncat ke minus 30 waktu pembukaan sesi pertama, terus mengalami tekanan sampai terendah di level 3800 dan ditutup sesi pertama turun 38.9 point di level 3805. Market mulai mengalami perbaikan sejak awal pembukaan sesi 2 dan berlanjut hingga ditutup di level 3841.73.

Market hari ini : open 3842 high 3847, low 3800 close 3841
Total volume 5 miliar saham
Total value 3.7 T rupiah
saham naik 79, turun 148, stagnan 90 saham

Secara teknikal, jika mengabaikan market regional selama seminggu yang akan datang, jika hanya memakai data perdagangan hari ini, maka Index minggu depan seharusnya akan mulai bergerak naik kembali, namun dalam waktu seminggu, apa pun bisa terjadi di pasar regional, sehingga semuanya masih bisa berubah.

Yang jelas, kinerja saham-saham di Indonesia masih baik, prospek bisnis juga masih kuat, didorong oleh konsumsi dalam negeri yang kuat. Naik turunnya index banyak dipengaruhi oleh psikologi Investor yang kadang-kadang bereaksi terlalu berlebihan sehingga terjadi panic selling.

Jika bisa memilih saham-saham yang berfundamental baik, dengan prospek bisnis yang kuat, penurunan harga yang terjadi biasanya bersifat sementara. Begitu Investor pulih dari kepanikannya, maka saham-saham tersebut yang biasanya akan bergerak naik terlebih dahulu.

Akhir kata : HAVE A LONG LONG VACATION, ENJOY YOUR HOLIDAY, MINAL AIDIN WALFAIDZIN !

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE