Wednesday, March 14, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED MARCH 14, 2012

BEWARE OF PROFIT TAKING !

Hari ini market Indonesia mulai mengukir sejarah baru, dengan kenaikan index yang cukup signifikan, setelah mengalami tekanan jual dan konsolidasi.
Hari ini index dibuka langsung naik 31 point, terus bertahan dengan kenaikan sekitar 35 point dan akhirnya ditutup sesi satu dengan kenaikan 43 point di level 4052.

Sesi 2 market tidak banyak berubah, masih tetap naik di sekitar 35 point dan akhirnya sesi 2 ditutup, naik 45 point di level 4054.

Market hari ini : open 4009 high 4058 low 4009 close 4054

Volume transaksi hari ini tidak meningkat secara drastis, hanya mencapai 3.2 miliar saham, tetapi dengan kenaikan value trading yang lebih besar, yaitu 5.2 T rupiah. Ini artinya bahwa yang banyak ditransaksikan adalah saham-saham dengan kapitalisasi besar. Ada sebanyak 142 saham yang naik harganya, 99 saham yang tetap dan 82 saham turun harganya.

Semua sektor industri mengalami kenaikan pada hari ini, dipimpin oleh sektor Aneka Industri yang naik 40 point, disusul oleh sektor Manufaktur, naik 18 point, Perkebunan naik 11 point, Pertambangan 11 point, Industri Dasar naik 10 point dan sisanya, dari Konsumer sampai dengan Properti, naik dalam range 7 - 2 point.

Dengan hasil perdagangan hari ini, dapat disimpulkan bahwa, jika market bergerak, yang akan bergerak dulu adalah saham-saham dengan kapitalisasi pasar yang besar, karena itu, dengan volume yang tidak besar, menghasilkan value trading yang besar pada hari ini.
Untuk perdagangan besok perlu diwaspadai adanya akti profit taking, karena Index sudah memasuki area over bought, karena itu, sewaktu-waktu market bisa berbalik arah, apalagi jika regional market juga turun.

Karena itu, untuk saham-saham yang sudah profit, sebaiknya dilakukan penjualan terlebih dahulu, bisa sebagian dulu, atau pun keseluruhannya, tergantung kuat/lemahnya market besok.

Jika pun masih kuat, kelihatannya hanya bisa bertahan maksimal 2 hari perdagangan, sesudah itu market akan konsolidasi dulu, jika tidak turun, untuk menemukan equilibrium baru, baru kemudian mulai bergerak naik kembali.

Market 15 Maret 2012

ASII - SELL INTO STRENGTH
Dengan kenaikan yang cukup tinggi hari ini, akan mengundang aksi profit taking, walau pun ASII masih bisa bergerak naik. Namun sebaiknya penjualan dilakukan sambil mengikuti kenaikannya.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Untuk sementara, BMRI sudah berada dalam kondisi over bought, dan sewaktu-waktu bisa berubah arah, turun kembali.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Walau pun baru akan memasuki area over bought, namun karena sudah 3 hari naik secara berturut-turut, BBRI juga akan rawan dengan aksi profit taking.

BBNI - SELL ON STRENGTH
BBNI terlihat sudah mulai kehilangan kekuatan naiknya, sehingga akan lebih rawan profit taking dibandingkan dengan kedua bank sebelumnya.

MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : BJBR

SPECULATIVE TRADING : ENRG - TLKM - INDY - GGRM

happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE