Friday, December 9, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 9, 2011

SIDE WAYS !

Hari ini merupakan hari ke enam market terkonsolidasi, masih belum bergerak kemana-mana, masih dalam range 3715 - 3811.
Hari ini market dibuka minus 28 point pada pre opening dan turun lagi ke 33 point pada pembukaan sesi pertama, walau pun berjalan cukup lambat, tetapi sesi 1 ditutup minus 39 di level 3742.

Setengah jam setelah sesi dua berjalan, market mulai tertekan dan sempat turun terdalam minus 53 point. Setengah jam sebelum penutupan, market mulai ramai dan index juga mulai naik sedikit sampai akhirnya ditutup di sesi 2, minus 22 point di level 3759.

Market hari ini : open 3781 high 3781 low 3728 close 3759

Baik volume mau pun value transaksi hari ini juga tetap sepi, dengan volume sebesar 2.7 miliar saham yang ditransaksikan dan value transaksi sebesar 2.7 T rupiah.
Sebanyak 133 saham turun harganya pada hari ini, 80 saham tidak berubah dan masih ada 73 saham yang bergerak naik pada hari ini.

Walau pun secara umum market masih mengalami tekanan, namun ada beberapa saham yang bergerak naik, bisa saja karena adanya corporate action mau pun adanya "Invisible Hands" yang menjaga saham-saham tersebut.

Hari ini hanya ada 2 sektor industri yang naik, yaitu Sektor Aneka Industri yang naik 5 point dan Sektor Properti naik 0.1 point. Sisanya turun semua, dipimpin oleh Pertambangan turun 18 point, Perkebunan 17 point, Konsumer 12 point dan lainnya antara 6 - 2 point.

Dengan hasil perdagangan hari ini, maka trend perdagangan hari Senin akan lebih cenderung mengalami penurunan, dari pada naik. Kecuali terjadi hal-hal yang luar biasa di regional market. Penurunan yang terjadi pun seharusnya masih merupakan koreksi wajar, sehingga market bisa memasuki trading range dan menemukan equilibrium baru untuk bergerak naik kembali.
Untuk sementara, saham-saham secara individu juga masih banyak yang berada dalam range over bought, sehingga mengandung risk yang lebih tinggi.
Jadi, ada baiknya untuk melakukan profit taking, jika suatu saham sudah naik terlalu tinggi.

Market 12 Desember 2011

ASII – SPECULATIVE TRADING
2 hari lalu ASII menembus level konsolidasi dan ditutup di harga tertinggi, namun kemarin mengalami konsolidasi/koreksi minor, kemudian hari ini kembali melanjutkan kenaikannya kembali. Ini menandakan bahwa ASII sedang bergerak untuk naik lagi, hanya saja karena sudah berada di area over bought, maka harus lebih waspada terhadap aksi profit taking.

BMRI – BBRI - SPECULATIVE TRADING
Setelah masa konsolidasi, hari ini kedua saham tersebut sempat tergelincir ke bawah, tetapi masih berhasil untuk ditutup ke atas, menandakan adanya perlawanan dari pihak pembeli.Baik BMRI mau pun BBRI masih memiliki peluang untuk naik, hanya saja sudah rawan profit taking juga untuk kondisinya yang juga berada di area over bought.

BBNI – SPECULATIVE TRADING
Berbeda sedikit dengan pola BMRI dan BBRI, BBNI hari ini dibuka di harga bawah, tetapi berhasil dibawa naik kembali dan bahkan ditutup di harga high. Ini mengindikasikan kekuatan beli yang masuk, namun untuk sementara, BBNI akan lebih firm kenaikannya jika bisa diperdagangkan di atas harga 3.950.

MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : AISA – GJTL

SPECULATIVE TRADING : BKSL – ASRI – BJBR – LPCK – MAIN

Ps : rata-rata harga sudah masuk dalam over bought, sehingga resiko trading akan lebih besar, karena itu untuk sementara sebaiknya hit and run. Bagi yang sudah in the money, sebaiknya lakukan profit taking dulu.

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE