Thursday, December 8, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 8, 2011

A 5TH CONSOLIDATION DAY !

Seperti ditulis kemarin, bahwa walau pun market hari ini berpeluang untuk naik, namun akan dibayang-bayngi oleh aksi profit taking, karena market sudah berada di area over bought, sehingga risk nya akan lebih tinggi.
Ternyata market hari ini bukannya naik, malah begitu dibuka, sudah langsung turun. Market langsung dibuka minus 13 point, lalu turun lagi 22 point pada pembukaan sesi 1 dan masih sempat turun terdalam, minus 31 point penurunan dan akhirnya ditutup minus 24 point di level 3768 pada sesi pertama.

Sesi 2 juga masih tidak banyak berubah, walau pun sempat mengalami perbaikan, minus berkurang menjadi 10 point, walau pun akhirnya ditutup minus 11 point di level 3781.
Baik sesi 1 mau pun sesi 2 berjalan dengan lamban pada hari ini. Yang banyak bergerak juga saham-saham second liner dan third liner.

Market hari ini : open 3793 high 3793 low 3762 close 3781

Dengan perdagangan hari ini, maka market sudah 2 hari naik tertinggi di level 3793, lalu tidak kuat dan turun lagi. Jika dilihat dari tanggal 1 Desember yang lalu, Index mengalami kenaikan tertinggi di level 3811 dan low nya 3715. Sesudah itu selama 5 hari berturut-turut hanya berkutat di level high 3793 dan low 3736. Ini artinya market sedang mengalami konsolidasi atau side ways, belum bergerak kemana-mana.
Karena itu, akan lebih tepat untuk melihat saham-saham secara individu. Karena selama 5 hari ini, walau pun Index tidak bergerak banyak, namun banyak saham yang bergerak dengan liar. Jadi Investor harus lebih waspada dan lebih jeli untuk memakai momentum ini untuk melakukan Hit and Run. Jika menyimpan, jangan terlalu lama.

Bulan Desember ini pun disinyalir akan adanya Window Dressing buat saham-saham tertentu. Simak saja saham-saham yang tadinya tidak bergerak, tiba-tiba menjadi aktif di bulan Desember ini. Artinya mulai awal Desember sudah harus bergerak, supaya nanti penutupan tahun sudah bisa mencapai target yang diinginkan.

Karena itu, market besok hari masih lebih banyak ditentukan oleh gerakan dari regional market, walau pun seharusnya market akan lebih cenderung bergerak ke arah penurunan.

Market 9 Desember 2011

ASII - BUY ON STRENGTH
Kelihatannya ASII hari ini mengalami koreksi minor, jadi jika besok bisa bergerak lebih tinggi menembus 72.950, maka masih bisa dilakukan pembelian, walau pun tingkat kenaikannyha sudah makin terbatas. Jika tidak kuat, maka trend ASII akan berubah menjadi Trading Sell.

BMRI - SIDE WAYS
Untuk sementara BMRI masih dalam kondisi konsolidasi, seperti Index yang tidak bergerak banyak, demikian juga dengan BMRI yang juga hanya bermain di range 6.500 - 6.750. Jadi untuk turun mau pun naik, harus menembus range atas atau pun bawah. Namun dalam kondisi over bought, peluang untuk turun akan lebih besar.

BBRI - SPECULATIVE BUY
Walau pun BBRI memiliki trading range yang hampir sama dengan BMRI, namun BBRI sedikit berbeda, dengan pembukaan dan penutupan hari ini yang kuat, didukung oleh volume yang besar, membuat BBRI masih memiliki peluang untuk bergerak naik lagi. Hanya saja, karena sudah berada di area over bought, jadi harus bermain lebih cepat, jangan sampai terjebak.

BBNI - SELL INTO STRENGTH
Harga penutupan BBNI "terlihat" senantiasa dijaga, tidak ditutup di level bawah. Sehingga, walau pun dalam range sempit,akan diusahakan untuk ditutup di harga atas.
Karena itu, untuk sementara, BBNI juga masih belum bergerak keman-mana juga.

MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : EXCL - LSIP

SPECULATIVE TRADING : DILD - PGAS - PWON - MASA - KIJA

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE