Monday, December 5, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 5, 2011

SECOND DAY'S CONSOLIDATION !

Hari ini market masih terkonsolidasi dengan volume yang tipis, hampir sama seperti perdagangan hari Jumat. Hari ini market juga cukup berfluktuatif, dengan index yang bergerak naik dan turun silih berganti dalam kisaran sempit.

Index dibuka menguat kurang dari 2 point, lalu turun kembali, minus dalam kisaran 2 - 16 point kemudian naik lagi, walau pun juga dalam kisaran sempit, naik 5 point, namun akhirnya sesi pertama ditutup naik 4.9 point di level 3784.

Sesi 2 dibuka dengan naik 6.5 point, lalu naik tertinggi 11 point, lalu mulai melorot lagi dan 10 menit menjelang penutupan sesi 2, kembali turun 4 point, namun akhirnya sesi 2 ditutup menguat, naik 0.9 point di level 3780.79.

Market hari ini : open 3780 high 3791 low 3762 close 3780

Volume perdagangan hari ini juga tidak besar, total volume market tercatat 4.9 miliar saham dengan value trading sebesar 3 T rupiah. Itu sudah termasuk crossing atas saham CASS, sekitar 1 Triliun rupiah, saham pendatang baru hari ini, Cardig Aero Services, yang ditutup turun 5 point, harga IPO 400, harga penutupan 395.

Sebanyak 88 saham bergerak naik, 95 saham tidak berubah harganya dan 108 saham bergerak turun harganya. Sedangkan sektor penggerak index hari ini cukup mixed, dengan kenaikan dan penurunan dalam range sempit, naik tertinggi 6 point dari sektor Aneka Industri dan turun terendah dari sektor Pertambangan sebesar 14 point.

Dengan volume market yang belum meningkat dan kenaikan/penurunan index juga tidak dalam pada hari ini, berarti Index masih berorientasi pada skenario ke-2 yang dipaparkan pada tulisan kemarin, yaitu :

2. Jika market masih konsolidasi, maka hari kedua masih akan turun, tetapi seperti hari pertama atau hari ini, tidak akan turun terlalu dalam atau melebihi low kemarin, yaitu di level 3715 dan juga dengan volume yang tetap kecil. Jika ini yang terjadi, biasanya hari ketiga market akan naik dan dengan volume yang lebih besar dan akan menembus level tertinggi kemarin di level 3811.

Jika skenario kedua yang terjadi, maka seharusnya besok market akan bergerak naik dengan volume yang lebih besar dari hari ini. Jika ini yang terjadi, sebaiknya digunakan sebagai momentum untuk profit taking, karena Index mulai memasuki area over bought. Jika tidak, maka untuk sementara market akan berbalik turun dulu, untuk mencari keseimbangan baru dulu.

Market 6 Desember 2011

ASII – SELL INTO STRENGTH
Walau pun ASII hari ini ditutup dengan harga atas, namun volume tidak mendukung kenaikannya, sehingga akan rawan profit taking, jadi sebaiknya Sell, ketika harga bergerak naik. Kecuali kalu besok bisa break 72.000, dengan volume yang besar, barulah Buy on Strength.

BMRI – BUY ON STRENGTH
Sudah 2 hari BMRI dalam kondisi konsolidasi, dengan volume tipis. Jika besok BMRI bisa menembus harga 6.750 dengan volume yang besar, berarti akan bergerak naik lagi, jika tidak, sebaiknya profit taking dulu, karena ini berarti terjadi false signal.

BBRI – SELL INTO STRENGTH
BBRI masih belum menemukan polanya, sehingga masih terjadi konsolidasi, jadi untuk sementara masih sell into strength, sambil menunggu pola trading yang akan terbentuk nanti.

BBNI –SELL INTO STRENGTH/TRADING SELL
3 hari berturut-turut BBNI dihadang di harga 3.950 dan tidak bisa menembusinya. Ini menandakan adanya resistensi yang cukup kuat di harga tersebut, karena itu, untuk naik, BBNI harus break harga tersebut, jika tidak, untuk sementara harga akan bergerak turun dulu.

MORE TRADING IDEAS :

SPECULATIVE TRADING : BUMI – AISA

Ps : rata-rata harga sudah masuk dalam over bought, sehingga resiko trading akan lebih besar, karena itu untuk sementara sebaiknya hit and run. Bagi yang sudah in the money, sebaiknya lakukan profit taking dulu.

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE